Profil Kim Eun-jung, Pelatih Suwon FC yang Pantau Pratama Arhan Sejak di Timnas Indonesia Junior – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kehadiran Kim Eunjung sebagai pelatih baru Suwon FC menjadi berkah bagi Pratama Arhan yang akhirnya direkrut klub K League 1 tersebut.

Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi bergabung dengan Suwon FC, klub asal Korea Selatan yang berlaga di K-League 1.

Kepastian tersebut terungkap setelah akun Instagram resmi Suwon FC mengunggah pesan selamat datang kepada Pratama Arhan sebagai pemain baru.

Bergabungnya Arhan ke Suwon FC tidak lepas dari saran Kim Eunjung. Ia mengatakan, pemain berusia 22 tahun itu sudah diawasi sejak berada di kelompok umur Timnas Indonesia.

“Arhan adalah pemain yang saya tonton sejak dia masih di tim nasional muda,” kata Kim Eun-jung dari situs Yonhap News.

Arhan memang menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang bersinar di rentang usianya dan mampu mengembangkan kariernya di luar negeri.

Jadi, siapa sebenarnya Kim Eun-jung? Inilah aksi dan profilnya!

Profil Kim Eun-jung

Kim Eun-jung adalah mantan pemain sepak bola Korea Selatan yang berposisi sebagai penyerang tengah.

Pria kelahiran Seoul, Korea Selatan, 8 April 1979 ini memiliki rekam jejak yang terbilang panjang di dunia sepak bola Negeri Ginseng tersebut.

Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, Kim Eunjung pernah bermain di beberapa klub seperti Daejeon Citizen, FC Seoul, Gangwon FC, Jeju United, dan Pohang Steelers.

Kim Eun-jung juga pernah berkarir di luar negeri bersama klub Jepang Vegalta Sendai dan klub Tiongkok CS Ginde.

Karir kepelatihannya dimulai saat ia ditunjuk sebagai asisten pelatih di AFC Tubize (Belgia) mendampingi beberapa pelatih kepala. Mulai dari Colbert Marlot, Regis Brouard, Thierry Goudet, William Salvadori, hingga Thierry Berghmans.

Pada tahun 2017, Kim Eun-jung dipanggil kembali oleh Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk menjadi asisten pelatih timnas U-23.

Selama bertugas, ia pernah membantu beberapa pelatih seperti Kim Hak-bun, Kim Gong-gol, dan Hwang Sun-hong. Setidaknya, penugasannya sebagai asisten pelatih berlangsung selama empat tahun. Mulai tahun 2017 hingga akhir tahun 2017.

Sebab, ia dipercaya menjadi pelatih kepala timnas U-19 Korea Selatan pada tahun 2021.

Salah satu prestasi tersukses Kim Eunjung sebagai asisten pelatih Korea Selatan adalah memimpin timnya meraih medali emas di Asian Games 2018 dan juara Piala Asia U-23 2020.

Usai kontraknya sebagai pelatih Timnas Korea U-20, Kim Eunjung direkrut Suwon FC menjadi pelatih pada 20 Desember 2023.

Dari informasi Transfermarkt, Kim Eunjung mendapat kontrak yang relatif panjang karena ditugaskan hingga Desember 2025.

Tugas Kim Eunjung tidak mudah untuk meningkatkan performa Suwon FC yang musim lalu hanya menempati peringkat 11 K League 1 dan nyaris terdegradasi ke K League 2.

Kontributor: Aditia Rizki