Profil Kaoru Mitoma, Calon Bintang Timnas Jepang di Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kaoru Mitoma akan menjadi salah satu pemain yang paling banyak tampil di Piala Asia 2023. Secara khusus, ia berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia satu grup dengan Jepang di Piala Asia 2023. Selain Jepang, timnas Indonesia juga akan menghadapi Vietnam dan Irak di Grup D.

Perjuangan tim senior Indonesia akan dimulai pada 15 Januari 2024 dengan terlebih dahulu menghadapi Irak.

Setelah itu, skuat Garuda akan menghadapi Vietnam pada laga kedua pada 19 Januari, dilanjutkan laga final melawan Jepang lima hari kemudian.

Di antara ketiga calon lawan tersebut, Jepang merupakan tim terkuat yang akan dihadapi Timnas Indonesia.

Semakin berat bagi Indonesia karena banyak pemain berbahaya di tim Samurai Biru –julukan Timnas Jepang– seperti Mitoma yang sedang naik daun di Liga Inggris bersama klub Brighton.

Lantas, seberapa berbahayakah Kaoru Mitoma dan bagaimana kariernya? Berikut profil singkatnya.

Profil Kaoru Mitoma

Kaoru Mitoma lahir di Kanagawa, Jepang, pada tanggal 20 Mei 1997. Ia memulai karir sepak bolanya di beberapa klub lokal di kampung halamannya.

Mitoma kemudian bergabung dengan akademi Kawasaki Frontale pada tahun 2007. Ia sebelumnya bermain sepak bola untuk Universitas Tsukuba.

Setelah lulus kuliah, Mitoma memulai debut profesionalnya bersama Kawasaki Frontale pada tahun 2018. Debut profesionalnya terjadi di laga pembuka J1 League 2020.

Di musim debutnya, Mitoma memamerkan performanya dengan sukses membukukan gol dua digit. Setahun kemudian, Kaoru Mitoma mendapat kesempatan untuk melanjutkan karirnya di Liga Inggris setelah direkrut oleh Brighton & Hove Albion pada 10 Agustus 2021.

Dia dikontrak selama empat musim, tetapi harus menghabiskan musim pertamanya dengan Union SG dengan status pinjaman.

Penampilan Mitoma cukup impresif di Liga Belgia bersama Union SG. Sepanjang musim 2021/22, Mitoma berhasil mencetak 8 gol dari 29 penampilan di berbagai kompetisi.

Hal serupa terjadi di musim pertamanya bersama Brighton & Hove Albion di Premier League 2022/23. Dia berhasil menampilkan performa yang mengesankan.

Bersama Brighton, Kaoru Mitoma sejauh ini sudah membukukan 10 gol dan 7 assist dari 36 penampilan di semua kompetisi.

Kaoru Mitoma juga pernah menjadi bagian dari Timnas Jepang U-21 hingga U-23. Debut timnas seniornya terjadi di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022 melawan Oman pada 16 November 2021.

Secara total, Kaoru Mitoma telah mencatatkan 15 caps untuk Timnas Jepang dengan 6 gol.

[Aditia Rizki]