Profil Javier Zanetti, Legenda Inter yang Berjasa Boyong Timnas Argentina ke Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Javier Zanetti disebut-sebut sebagai Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang memiliki peran penting dalam kedatangan timnas Argentina ke Indonesia untuk pertandingan FIFA Match Day pada 19 Juni mendatang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dipastikan akan menguji kekuatan juara dunia Timnas Argentina di SUGBK, Jakarta pada 19 Juni 2023 mendatang.

Erick menyebut, awal negosiasi dengan Argentina adalah pada Kongres FIFA di Rwanda pada Maret 2023. Setelah itu, ada bantuan dari Javier Zanetti yang merupakan mantan pemain timnas Argentina.

“Pidato pertama di Kongres Rwanda, kami tidak menggunakan siapa pun (agen), kami berbicara langsung, dan umpan baliknya positif,” kata Erick.

“Saya juga meminta bantuan ‘pihak ketiga’ Javier Zanetti, keduanya Inter Milan,” jelas Menteri BUMN itu.

Zanetti sendiri merupakan legenda Inter Milan yang pernah bekerja sama dengan Erick saat menjadi pemilik klub pada 2013 lalu.

Profil Javier Zanetti

Sosok bernama lengkap Javier Adelmar Zanetti ini merupakan legenda hidup Inter Milan dan Argentina. Ia lahir di Buenos Aires, Argentina, pada 10 Agustus 1973.

Karir sepak bolanya dimulai pada tahun 1982 saat bergabung dengan akademi Independiente. Setelah tujuh tahun di sana, dia pindah ke Talleres.

Juga di klub Talleres, Zanetti akhirnya melakukan debut profesionalnya pada tahun 1992. Namun, setelah hanya satu musim di sana ia pindah ke Banfield.

Setelah dua musim impresif, Inter Milan datang meminangnya pada 1995. Sejak bergabung dengan I Nerazzurri, karier Zanetti melejit.

Zanetti bermain untuk Inter selama 19 musim hingga pensiun pada 2014. Pria berusia 49 tahun itu kini menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Inter dengan 858 penampilan di semua kompetisi.

Selama berkarier bersama Inter, Zanetti meraih 16 trofi, 15 di antaranya diraih selama menjabat sebagai kapten.

Beberapa trofi bergengsi yang diraih Zanetti antara lain lima gelar Serie A, empat Piala Italia, dan satu trofi Liga Champions pada 2010.

Sepanjang karirnya di timnas, Javier Zanetti tampil sebanyak 145 kali di semua kompetisi. Sayangnya, prestasi terbaiknya bersama Argentina hanya menjuarai Pan American Games pada 1995.

Setelah pensiun pada 2014, Javier Zanetti ditunjuk oleh Erick Thohir—yang saat itu menjadi pemilik—sebagai Wakil Presiden Inter Milan.

Nyatanya, Zanetti tetap dipercaya meski Inter berpindah kepemilikan ke Suning Holdings Group dan masih berada di posisinya hingga saat ini.

[Aditia Rizki]