Profil Claudio Tapia, Presiden AFA yang Kagum Sambutan Hangat Indonesia ke Timnas Argentina – Berita Hiburan

by

Timnas Argentina (Timnas) yang akan bertanding melawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day mendapat sambutan hangat setibanya di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Indonesia. Ia mengaku kagum dan juga sangat senang.

Timnas Argentina tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada Jumat (16/6/2023) pukul 21.50 WIB. Tim berjuluk La Albiceleste itu langsung mendapat sambutan hangat dari General Manager PSSI Erick Thohir, dan Deputy General Manager PSSI Zainudin Amali. Tak hanya itu, kedatangan mereka juga disambut hangat oleh beberapa anggota Komite Tertinggi (Exco).

Kedatangan La Albiceleste tidak disambut dengan meriah seperti di China. Pasalnya, suporter tidak diperbolehkan hadir untuk menyambut tim asuhan Lionel Scaloni. Meski begitu, para pemain dan ofisial timnas Argentina disambut hangat oleh PSSI.

Dalam kesempatan itu, mereka tidak hanya mendapat sambutan hangat, tetapi juga mengenakan kerudung kain batik tradisional khas Tanah Air.

Presiden AFA mengaku cukup terkesan dengan sambutan hangat yang diberikan Indonesia kepada Timnas Argentina, meski sambutannya singkat.

Lantas, seperti apa profil presiden AFA yang terkesan dengan timnas Argentina yang disambut hangat oleh Indonesia? Cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Profil Presiden AFA Claudio Fabian Tapia

Nama lengkap presiden AFA adalah Claudio Fabian “Chiqui” Tapia. Namun, ia lebih dikenal dengan julukan Claudio Tapia. Tapia berasal dari San Juan yang lahir pada tanggal 22 September 1967.

Tapia sukses terpilih sebagai Presiden AFA sejak 29 Maret 2017. Jabatan ini bukan satu-satunya jabatan yang diemban Tapia.

Ia juga menjabat sebagai Presiden Barracas Central, klub sepak bola kasta tertinggi di Liga Argentina dan menjabat posisi ini sejak 2011.

Namun pada tahun 2020, posisi tersebut digantikan oleh anaknya, Matias, setelah 18 tahun berjalan digantikan oleh generasi berikutnya.

Tapia punya istri bernama Paola Moyano, istrinya juga bukan orang biasa. Dia adalah mantan Sekretaris Jenderal CGT. Kedua pasangan ini dikaruniai dua orang anak, Ivan dan Matias.

Menariknya, kedua anak Tapia ini memilih berkarier sebagai pemain sepak bola dan bermain di klubnya sendiri, Barracas Central.

Tapia tidak hanya berkecimpung dan berkarier di dunia sepak bola, tapi juga merambah ke bidang penanganan dan pengolahan limbah dengan nama CEAMSE.

Kontributor: Shifa Khoerunnisa