Pindah ke Liga Brasil, Pratama Arhan Jadi Transfer Paling Mahal Liga Jepang, Benarkah? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kanal YouTube Football Creator mengunggah video yang menyatakan Pratama Arhan resmi mendapatkan klub baru di Liga Brasil. Apa faktanya?

Narasi demikian disampaikan kanal YouTube Bola Kreator melalui judul video yang diunggah pada Kamis (6/7/2023). Mereka menyebut, transfer Pratama Arhan merupakan transfer termahal di Liga Jepang.

“Kesepakatan Selesai!! Pratama Arhan Pindah ke Liga Brasil – Transfer Termahal di Liga Jepang,” demikian judul yang digunakan kanal Youtube Football Creator dalam video yang diunggah.

Lalu, benarkah Pratama Arhan resmi hengkang dari klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy, untuk ke Liga Brasil dan melakukan langkah termahal di Liga Jepang? Selanjutnya, Bolatimes.com menyajikan cek fakta.

PENJELASAN

Jika video berdurasi 3:03 menit itu dicermati dengan seksama, kanal YouTube Football Creators sebenarnya tidak mencantumkan sumber yang jelas yang fakta dan kebenarannya bisa diverifikasi.

Pasalnya, narator dalam video ini hanya menceritakan performa impresif Pratama Arhan saat bermain bersama timnas Indonesia melawan Argentina pada laga FIFA Match Day periode Juni 2023.

Mereka menyebut Pratama Arhan kini menjadi incaran beberapa klub kasta tertinggi di liga Portugal dan Brasil. Namun, tidak secara spesifik menjelaskan sumber dan asal usul klaim tersebut.

Maklum saat ini ada beberapa klub yang serius mengincar Pratama Arhan. Salah satunya adalah klub kasta tertinggi di Liga Portugal dan Liga Brasil,” ujar narator dalam video tersebut.

“Tapi sepertinya Liga Brasil akan menjadi pengalaman yang sangat tidak biasa bagi pemain Asia ini. Aksi luar biasa Pratama Arhan melawan Argentina memang mendapat perhatian khusus dari pelatih kasta tertinggi Liga Brasil, Abel Ferreira,” lanjutnya.

Kanal YouTube Kreator Bola juga menyatakan bahwa Abel Ferreira yang saat ini melatih Palmeiras ingin sangat serius. “Bahkan Abel Ferreira ingin membawanya dan mengundangnya secara pribadi. Ini karena Arhan sempat viral di Eropa dan Amerika,” ujar narator dalam video tersebut.

Namun, sumber perkataan Abel Ferreira tidak bisa dilacak. Oleh karena itu, klaim semacam itu tidak dapat diverifikasi.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi video yang disebarkan oleh kanal Youtube Football Creator tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Hal ini karena tidak mencantumkan sumber yang jelas yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Oleh karena itu, klaim seperti ini dapat dikategorikan sebagai penipuan atau informasi yang tidak benar.

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]