Perubahan formasi Inggris tidak boleh dianggap remeh

by

John Stones yakin dengan kemampuan Inggris untuk beralih ke lini belakang tiga pemain saat mereka bersiap menghadapi Swiss di perempat final Euro 2024 tanpa Marc Guehi.

The Three Lions mengamankan tempat mereka di antara delapan tim terakhir di turnamen tersebut setelah mencatat kemenangan tipis 2-1 atas Slovakia di babak perpanjangan waktu pada hari Minggu. Keberhasilan mereka berarti mereka sekarang akan menghadapi Swiss pada hari Sabtu di Dusseldorf, meskipun dengan susunan pemain yang berbeda dari sebelumnya.

Bintang Crystal Palace Guehi, yang telah bermain setiap menit di timnas Inggris Euro musim ini dan bisa dibilang sebagai bintang tim sejauh ini, diskors untuk pertandingan mendatang setelah menerima kartu kuning keduanya di turnamen tersebut.

Skorsingnya membuat manajer Gareth Southgate uji coba peralihan ke tiga bekyang bisa membuat Trent Alexander-Arnold kembali bermain di posisi bek sayap dan bahkan mungkin penampilan pertama Luke Shawyang diyakini siap kembali setelah absen selama lima bulan karena cedera.

Namun, gagasan ini tidak memengaruhi bek tengah Stones, yang merasa yakin dengan kemampuan negaranya untuk mengubah formasi.

Harry Kane

Inggris mengklaim kemenangan di menit-menit terakhir melawan Slovakia / Carl Recine/GettyImages

“Kami harus meningkatkan kemampuan sebagai tim, dan cara kami memainkan sepak bola,” katanya. “Kami bekerja sangat keras untuk melakukan itu, dan mengeluarkan kemampuan terbaik kami sebagai pemain dan sebagai kolektif. Beberapa hari ini sungguh luar biasa.”

Ketika ditanya apakah ia akan berkonsultasi dengan Southgate mengenai idenya untuk menciptakan lini belakang tiga pemain, ia berkata: “Saya belum berbicara dengannya mengenai hal itu, saya tidak akan menemuinya jika ada keputusan besar seperti itu.

“Kami pernah melakukannya di turnamen-turnamen sebelumnya, Jerman, saya ingat, Euro terakhir sebelum itu pada tahun 2018. Saya rasa itu hal yang hebat untuk kami miliki sebagai sebuah tim, jika kami perlu melakukannya dan memainkan sistem itu.

“Ini adalah sesuatu yang tidak boleh diremehkan bagi kami sebagai sebuah tim, bahwa kami dapat melakukannya dengan mudah dan lancar, serta saling melengkapi.”

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU