Pernah Libas Jepang dengan Skor Telak, Timnas Indonesia Harapkan Taji STY sebagai Pelatih – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) diharapkan bisa menunjukkan tajinya untuk kembali mengalahkan raksasa Asia, Jepang. STY selaku pelatih pernah mengalahkan Jepang dengan telak pada tahun 2017 lalu.

Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang pada final Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam ini pukul 18:30 WIB.

Timnas Indonesia tentu sangat mengharapkan keberuntungan Shin Tae-yong. Sebagai pelatih, ia pernah mengalahkan Jepang saat melatih Korea Selatan.

Momen tersebut terjadi pada final EAFF (East Asian Football Association), ajang khusus negara-negara Asia Timur, tahun 2017. Saat itu, Shin Tae-yong membawa negaranya mengalahkan Jepang 4-1.

Penonton sepak bola Indonesia tentu berharap Shin Tae-yong kembali menunjukkan peruntungannya, setidaknya bisa mengamankan hasil imbang untuk Jepang.

Pelatih berusia 53 tahun itu pernah membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil dalam sepak bola. Itu saat Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018.

Ibarat deja vu, saat itu Jerman lebih unggul dari Korea Selatan. Laga ini sekaligus menjadi hari pertandingan penutup babak penyisihan grup.

Soal rekor tersebut, Shin Tae-yong mengaku punya rekor cukup bagus saat bertemu Jepang. Namun di sisi lain, ia juga melihat adanya perbedaan kualitas yang sangat besar antara timnas Indonesia dan Jepang.

Meski demikian, STY akan berusaha membuat Timnas Indonesia bermain bagus melawan Jepang. Baginya yang terpenting adalah mencoba dulu.

“Ya, saya punya banyak pengalaman bermain melawan Jepang, baik sebagai pemain maupun pelatih. Jelas Indonesia lebih lemah dari Jepang, tapi saya tetap ingin berusaha sebaik mungkin dengan para pemain untuk mendapatkan hasil yang bagus,” kata Shin Tae. -yong seperti dilansir ASEAN Football, Rabu (24/1/2024).

Timnas Indonesia kini di ambang perebutan tiket ke babak 16 besar melalui empat tim peringkat ketiga terbaik. Kemenangan Suriah atas India dan kekalahan Hong Kong dari Palestina membuat india setidaknya harus bermain imbang dengan Jepang.

Jika kalah dari Jepang, Skuad Garuda akan bergantung pada Bahrain (Grup E) dan Oman (Grup F). Oman harus kalah atau minimal imbang melawan Kyrgyzstan, lalu Bahrain harus kalah telak dari Yordania.

Hanya dua tim yang berhasil mendapatkan tiket ke babak 16 besar melalui finis ketiga terbaik. Tim tersebut adalah Palestina dan Suriah.