Peringkat pemain saat Brasil puas dengan posisi kedua di Grup D

by

Kolombia memperpanjang catatan tak terkalahkannya menjadi 26 pertandingan saat pasukan Nestor Lorenzo menahan imbang Brazil dan Vinicius Jr. dengan skor 1-1, di mana Selecao tampak tidak meyakinkan.

Brasil datang ke pertandingan melawan Kolombia di posisi kedua Grup D, mengetahui mereka harus meninggalkan Santa Clara dengan tiga poin untuk memuncaki grup dan menghindari Uruguay di Piala Amerika 2024 perempat final. Setelah skuadnya mengamankan kemenangan meyakinkan Kemenangan 4-1 atas ParaguayDorival Junior hanya membuat satu perubahan pada starting XI-nya, mengganti Savio dengan Raphinha, yang membuka skor pada menit ke-12.

Namun, gol penyeimbang Daniel Munoz sesaat sebelum jeda, membuat Kolombia tetap berada di puncak klasemen dan memberi Brasil ujian berat melawan Uruguay.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Brasil dan Kolombia saling serang dalam sepuluh menit pertama pertandingan, bermain dengan intensitas tinggi dan tekel-tekel keras. Peluang nyata pertama bagi kedua belah pihak datang pada menit kedelapan ketika James Rodriguez melepaskan tendangan bebas berbahaya yang membentur mistar gawang dari jarak 30 yard. Brasil mendapat peluang untuk membalas dengan tendangan bebas mereka sendiri hanya empat menit kemudian; Raphinha mencetak gol melalui tendangan kaki kiri brilian yang melengkung melewati pagar betis Kolombia dan masuk ke sudut kanan atas gawang melewati Camilo Vargas yang terentang.

Kolombia mengira mereka telah menyamakan kedudukan pada menit ke-20 melalui sundulan Davinson Sanchez, tetapi bendera sudah dikibarkan. Los Cafeteros tidak mengendurkan tekanan dan terus mencari celah untuk menembus lini belakang Brasil, menikmati penguasaan bola dalam waktu yang lama. Munoz akhirnya berhasil mengalahkan Alisson pada waktu tambahan babak pertama setelah Jhon Cordoba menarik tiga pemain bertahan untuk menghadangnya di depan kotak penalti, membuat bek kanan itu tak terkawal sejauh 12 yard untuk mencetak gol mudah.

Babak kedua tidak memiliki tempo yang cepat seperti 45 menit pertama. Saat kedudukan imbang 1-1, kedua tim berjuang untuk mencari pemenang, tetapi peluang mereka tidak menjadi masalah bagi Alisson atau Vargas hampir sepanjang babak pertama. Namun, Kolombia tampaknya mendapatkan angin segar dengan hanya sepuluh menit tersisa dalam pertandingan. Luis Diaz memberikan umpan silang yang brilian kepada Rafael Santos Borre yang tidak terkawal di tiang jauh, tetapi pemain pengganti itu menyia-nyiakan peluang tersebut.

Brasil beruntung bisa pulang membawa satu poin dari pertandingan, terutama setelah Selecao gagal menciptakan peluang mencetak gol berbahaya di babak kedua. Skuad Dorival Junior jelas tidak terlihat seperti tim yang butuh kemenangan untuk finis di puncak grup.

Raphinha

Raphinha mencetak satu-satunya gol Brasil malam ini. / Thearon W. Henderson/GettyImages

Kiper: Alisson – 6/10 – Pertandingan-pertandingan Alisson yang nyaman melawan Kosta Rika dan Paraguay hanya tinggal kenangan karena kiper Liverpool itu harus berada dalam kondisi terbaiknya untuk mencegah Kolombia mencetak banyak gol. Sebuah pantulan bola yang keras mengenainya di babak pertama, dan ia mendapat sedikit bantuan dari tiang gawang, tetapi Alisson tetap berdiri tegak saat ia membutuhkannya untuk menahan 13 tembakan Kolombia.

RB: Danilo – 6/10 – Danilo bekerja sama dengan Raphinha untuk membungkam Luis Diaz, seorang pemain yang sejauh ini tampil gemilang di turnamen ini. Namun, bek kanan itu tidak aktif dalam serangan Brasil dan gagal menciptakan peluang mencetak gol.

CB: Marquinhos – 6/10 – Marquinhos tampil terbaik di turnamen sejauh ini, melakukan tekel demi tekel untuk menghentikan serangan cepat Kolombia. Kolombia pasti akan mencetak lebih dari satu gol jika bukan karena bek PSG tersebut.

CB: Eder Militao – 6/10 – Militao mampu menguasai lapangan dengan baik, sering kali harus bergerak melebar dan membantu menghentikan Diaz di sepertiga akhir lapangan. Pemain Real Madrid itu juga berperan penting dalam bertahan dari berbagai bola mati Kolombia.

LB: Wendell – 5/10 – Wendell beberapa kali tertangkap, termasuk di gawang Kolombia, dan terpaksa melakukan pelanggaran untuk mencegah Cordoba melewatinya di sisi kiri lapangan.

DM: Joao Gomes – 5/10 – Gomes berusaha keras untuk melawan fisik Kolombia, bahkan mendapat kartu kuning karena usahanya (yang buruk), tetapi gelandang itu tidak begitu berpengaruh seperti yang ditunjukkannya dalam dua pertandingan pertama Brasil. Ia adalah pemain tambahan untuk membantu lini belakangnya bertahan, tetapi tidak melakukan apa pun untuk terhubung dengan serangannya.

DM: Bruno Guimaraes – 5/10 – Guimaraes menghabiskan sebagian besar malamnya mengejar James Rodriguez dan rekan-rekannya, dan gagal membantu timnya mempertahankan penguasaan bola atau mendorong bola ke depan.

RM: Raphinha – 7/10 – Setelah dicadangkan saat melawan Paraguay, Raphinha tampil malam ini dengan sesuatu yang harus dibuktikan, memenangkan pertarungan terpentingnya dengan Deiver Machado dan mencetak satu-satunya gol Brasil dengan tendangan bebas yang nyaris sempurna.

SAYA: Lucas Paqueta – 5/10 – Paqueta memfasilitasi banyak peluang Brasil melawan Paraguay, tetapi gelandang itu kurang kreatif malam ini dan sebagian bersalah atas satu-satunya gol Kolombia setelah tidak mengawal Munoz. Paqueta digantikan di babak kedua.

LM: Vinicius Junior – 6/10 – Vini Jr. mengalami malam yang membuat frustrasi. Pemain sayap itu dengan mudah mengungguli Munoz saat menguasai bola, tetapi ia kurang produktif atau dilanggar; sebenarnya, ia seharusnya mendapat penalti di babak pertama, tetapi wasit dan VAR punya rencana lain. Vini Jr. juga mendapat kartu kuning, yang membuatnya mendapat kartu kuning keduanya di turnamen ini, dan karenanya akan diskors di babak perempat final.

ST: Rodrygo – 5/10 – Rodrygo tampil sangat tenang di lini depan Brasil sehingga sang penyerang harus terus turun ke lini tengah untuk mendapatkan beberapa sentuhan. Pemain Real Madrid itu ditarik keluar pada menit ke-74.

Pengganti

SUB: Andreas Pereira – 5/10 – Pereira masuk menggantikan Paqueta di babak kedua, tetapi seperti gelandang Brazil lainnya, pemain pengganti itu kurang begitu menonjol selain beberapa pelanggaran yang merugikan.

Pemain pengganti: Ederson – 5/10 – Ederson dikalahkan oleh hampir setiap pemain Kolombia yang ia coba lindungi dalam waktu singkatnya di lapangan.

SUB: Savio – 6/10 – Savio merupakan pemain pengganti terbaik Brazil, tetapi bahkan kecepatan dan kreativitasnya tak mampu membangkitkan serangan Brazil yang loyo.

SUB: Douglas Luiz – T/A – Douglas Luiz masuk pada menit ke-86, mendapatkan nilai standar lima.

SUB: Endrick – T/A – Endrick hanya diberi waktu empat menit ditambah waktu tambahan untuk mencoba membantu Brazil menemukan gol kemenangan, tetapi sang wonderkid itu pun tidak dapat mencetak gol kedua untuk Selecao.

Pengelola

Dorival Junior – 6/10 – Keputusan Dorival Junior untuk menurunkan Raphinha ketimbang Savio mungkin tampak membuahkan hasil – pemain sayap itu memang mencetak satu-satunya gol Brasil – tetapi sang manajer seharusnya tetap memberi kesempatan kepada penyerang Girona itu untuk bermain sejak awal. Raphinha, Rodrygo, dan Vini Jr. tampak tidak berdaya di sepertiga akhir, seperti yang mereka lakukan pada pertandingan pembuka Brasil melawan Kosta Rika. Tiga penyerang itu menciptakan sangat sedikit peluang mencetak gol, dan kurang memiliki kecakapan dan kreativitas seperti yang mereka tunjukkan bersama Savio saat melawan Paraguay.