Peran Suporter Indonesia Bikin Hormon Endorfin Shin Tae-yong Meningkat: Saya seperti Guus Hiddink – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Shin Tae-yong (STY) mengakui besarnya peran suporter membuatnya sangat betah dan senang melatih timnas Indonesia. STY bahkan membandingkan kebahagiaannya saat ini dengan apa yang dirasakan pelatih Belanda Guus Hiddink saat melatih Korea Selatan.

“Saya senang sekali di Indonesia. Sama seperti pelatih Guus Hiddink yang senang di Korea. Saya juga senang di Indonesia, sama seperti Hiddink,” ujarnya saat diwawancara. Sebelas Terbaik seperti yang dikutip Pahami.idSenin (6/11).

“Ketika saya bekerja keras untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia selangkah demi selangkah, saya rasa fans Indonesia semakin menyukai dan mencintai saya. Jadi terima kasih banyak (atas dukungannya),” tambah STY.

Dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Shin Tae-yong menjelaskan lebih lanjut proses yang dilakukannya untuk perkembangan timnas Indonesia.

Diakui STY, saat pertama kali datang latihan, kondisi Timnas Indonesia kurang baik. Bahkan STY mengaku di awal latihan, ia harus mendidik para pemainnya satu per satu hingga menjadi pemain sepak bola profesional.

Saya melihat para pemain mengikuti dan kepolosan masyarakat Indonesia itu unik, ujarnya.

“Saya merasa luar biasa bahagia melihat masyarakat Indonesia mempercayai dan mengikuti kami saat kami berlatih bersama,” tambahnya.

Perlahan tapi pasti, apa yang dibangun Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia di awal latihan mulai terlihat. Meski hal tersebut belum memuaskan STY selaku pelatih.

“Belakangan ini kami (Timnas Indonesia) naik ke posisi 145 ranking FIFA dan saya kira itu sebuah prestasi. Kini saya punya kepercayaan diri untuk mencoba tampil di Olimpiade Paris 2024 dan Piala Dunia 2026,”

Bagi STY, target besar yang dipatoknya adalah seperti hormon endorfin, pemicu perasaan bahagia yang mampu membangkitkan energi positif.

“Bagi saya, endorfin dan gerakan menciptakan energi positif. Saya sangat senang,” jelasnya.

Shin Tae-yong resmi melatih Timnas Indonesia sejak 1 Januari 2020. Bahkan, sejak dilatih STY, terjadi perubahan besar di Timnas Indonesia, baik di level senior maupun kelompok umur.

Secara statistik, STY membawa 20 kemenangan bagi tim senior Indonesia dari 36 pertandingan. Berhasil meraih 9 hasil imbang, dan 7 kali kalah, termasuk dikalahkan oleh juara Piala Dunia 2022, Argentina, dengan dua gol tak terbalas pada 19 Juni 2023.