Pep Guardiola Pelatih Terbaik FIFA 2023, Ada Andil Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Manajer Manchester City Pep Guardiola telah memenangkan gelar Pelatih Terbaik FIFA 2023 setelah musim meraih treble yang luar biasa pada 2022/2023. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, rupanya ikut berperan dalam keberhasilan Guardiola merengkuh trofi individu bergengsi tersebut.

Acara penganugerahan digelar di London, Selasa (16/1/2024) WIB. Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik merupakan agenda resmi tahunan FIFA yang serupa dengan Ballon d’Or untuk menentukan Pemain Terbaik, Pelatih Terbaik, Tim Terbaik dan lain-lain.

Untuk gelar Coach of the Year, Pep Guardiola berhasil mengalahkan dua finalis lainnya, yakni pelatih Inter Milan Simone Inzaghi dan mantan pelatih Napoli yang kini menangani timnas Italia, Luciano Spalletti.

Pemenang ditentukan berdasarkan pemungutan suara resmi dari kapten dan pelatih timnas, media yang ditunjuk FIFA, serta fans di situs resmi FIFA.

Bagi pelatih dan kapten timnas di bawah naungan FIFA, masing-masing memiliki tiga pilihan suara di setiap kategori dalam penghargaan tersebut.

Nah, pelatih sekaligus kapten Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam pun turut serta dalam pemungutan suara ini.

Untuk kategori pelatih, Shin Tae-yong memilih Pep Guardiola di nomor satu, lalu Luciano Spalletti dan Ange Postecoglou.

Sementara Asnawi juga memilih Pep Guardiola sebagai pelatih terbaik disusul Xavi Hernandez dan Simone Inzaghi.

Sebelumnya, kedua sosok tersebut juga punya pilihan yang sama untuk kategori Pemain Terbaik FIFA 2023. Shin Tae-yong dan Asnawi sama-sama memilih bintang Argentina Lionel Messi sebagai nomor satu.

Bedanya, Shin Tae-yong memilih Kevin De Bruyne dan Rodri di posisi kedua dan ketiga, sedangkan Asnawi memilih Erling Haaland dan Kylian Mbappe di pilihannya di nomor dua dan tiga.