Pengganti Pratama Arhan Disiapkan, Menilik Eksperimen Baru Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong telah memilih skuad untuk Piala AFF U-23 2023. Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia U-23 pada laga pembuka Grup B, Jumat (18/ 8) di Thailand.

Untuk ajang ini, Shin Tae-yong tampak menggunakan naungan tiga bek tengah dengan dua bek sayap. Dua pemain akan sangat penting dalam menyisir sayap.

Di skuat Timnas Indonesia U-23, Haykal Al Hafiz dan Frengky Missa dipilih untuk mengisi posisi bek sayap kiri. Sedangkan di sisi kanan, peran bek sayap akan diisi oleh Bagas Kaffa atau Muhammad Ferarri.

Pemilihan posisi bek sayap kiri yang diambil oleh Shin Tae-yong menjadi sorotan utama. Posisi ini sebenarnya bisa jadi milik Pratama Arhan, bek kiri timnas senior yang sebenarnya masih bisa masuk timnas U-23.

Namun karena Piala AFF U-23 tidak menjadi agenda FIFA, Arhan tidak dipanggil agar bisa fokus membela klubnya di Jepang, Tokyo Verdy.

Adapun Frengky Missa, Shin Tae-yong sudah mengenalnya dengan baik. Pasalnya, pemain muda Persikabo 1973 ini sebelumnya pernah mengikuti TC jangka panjang bersama Timnas U-20 yang gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Pemain Persikabo 1973 dipinjamkan dari Persija Jakarta, Frengky Missa. [dok. LIB]

Keputusan menarik lainnya adalah pemanggilan Haykal Al Hafiz ke skuat Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-23. Haykal merupakan pemain muda di bawah naungan PSIS Semarang.

Ia telah bermain dalam empat pertandingan di Liga 1 2023/2024 bersama tim Mahesa Jenar dan mendapatkan kepercayaan besar dari pelatih Gilbert Agius.

Pemain berusia 22 tahun itu menggantikan Dzaky Asraf (PSM Makassar) yang tak bisa bergabung dengan Timnas U-23 karena komitmen klubnya, sekaligus mengisi posisi yang ditinggalkan Pratama Arhan.

Hasil ini ternyata positif, karena Haykal telah menunjukkan kualitasnya sebagai bek kiri yang tangguh.