Penentu Nasib STY, Target Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Ternyata Tembus Semifinal! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga membeberkan pertemuan antara Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan General Manager Erick Thohir. Dalam kesempatan itu, dia menyebut STY memasang target tinggi di Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya ramai perbincangan soal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Bukan tanpa alasan, masa bakti juru taktik asal Korea Selatan itu bersama Timnas Indonesia akan berakhir pada akhir Juni 2024.

PSSI sendiri sudah menandatangani perjanjian dengan STY sebelum melanjutkan kontrak. Salah satu targetnya yakni lolosnya Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia tingkat senior Qatar 2023 telah tercapai.

Target lainnya adalah membawa Timnas U-23 Indonesia ke babak penyisihan grup Piala Asia U-23 2024 yang juga akan berlangsung di Qatar pada April mendatang. Nah, itulah target yang diminta PSSI sebelum bicara soal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia Qatar 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]

“Karena belum ada yang perlu diputuskan atau diperpanjang. Saat itu kami perpanjang STY selama enam bulan (sebelumnya kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan habis pada Desember 2023),” kata Arya Sinulingga saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Saat itu sudah ada kesepakatan bersama bahwa STY harus melaju ke babak 16 besar (Piala Asia 2023), lalu lolos ke delapan besar (fase penyisihan knockout) Piala Asia U-23, lanjutnya.

Menariknya, Arya menyebut Shin Tae-yong mematok target lebih tinggi untuk Timnas B-23 Indonesia, melebihi kesepakatan dengan PSSI.

Tak tanggung-tanggung, pelatih berusia 53 tahun itu ingin mengantarkan skuad Garuda Muda – dijuluki Timnas U-23 Indonesia – ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024!

Dengan begitu, Timnas U-23 Indonesia berpeluang tampil di Olimpiade Paris 2024. Seperti diketahui, tiga besar Piala Asia U-23 2024 akan langsung lolos, sedangkan peringkat keempat akan diperebutkan oleh negara. dari konfederasi lain.

Padahal, Shin Tae-yong bilang targetnya empat besar, artinya ingin masuk Olimpiade. PSSI baru mulai dari sana. Makanya kami tidak pernah membahas soal penentuan atau perpanjangan (kontrak) STY, jelas Arya. .

“STY minta (target empat besar). Kita (PSSI) masuk delapan besar, kalau menang masih jauh. Tapi, tidak masalah. Kalau delapan besar, kita sudah bilang bahwa target STY telah tercapai,” tutupnya.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei. Timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup A bersama tim tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.