Berita Muslim Singapura Boleh Makan Daging Hasil Budidaya Laboratorium

by


Jakarta, Pahami.id

dewan agama Islam Singapura (MUIS) memutuskan umat Islam di Negeri Singa boleh mengonsumsi daging hasil laboratorium.

Selat Times Diberitakan MUIS pada Sabtu (3/2) mengeluarkan fatwa yang menyatakan daging hasil peternakan halal jika menggunakan sel yang bersumber dari hewan yang boleh dimakan oleh umat Islam.

Daging olahan juga bisa dimakan jika tidak ada campuran komponen nonhalal dalam proses produksinya.


Daging yang dikembangkan di laboratorium merupakan sumber daging alternatif yang dihasilkan dengan budidaya langsung sel hewan, berbeda dengan daging ternak yang diperoleh secara konvensional.

“Makanan baru, yang dapat diproduksi melalui metode yang lebih ramah lingkungan dibandingkan pertanian tradisional dan budidaya perikanan, menawarkan cara praktis untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan,” demikian pernyataan Muis, seperti dikutip The Straits Times.

Keputusan MUIS mengeluarkan fatwa ini menyusul persetujuan Singapore Food Agency (FDA) yang menyetujui penjualan produk ini pada tahun 2020.

Dengan munculnya makanan-makanan baru, MUIS pun harus mengeluarkan keputusan apakah makanan tersebut boleh dimakan oleh umat Islam atau tidak.

Komite Fatwa yang didukung Kantor Mufti telah melakukan kajian terhadap jenis makanan ini. Panitia juga telah berkonsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti FDA, pelaku industri, serta ilmuwan.

Mereka juga mengunjungi fasilitas manufaktur lokal yang memproduksi daging hasil budidaya untuk menilai secara langsung bagaimana daging tersebut diproduksi.

Badan tersebut juga menyatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan lembaga pemerintah seperti FDA dan pelaku industri untuk mengembangkan pedoman sertifikasi halal untuk daging budidaya.

“Kita bisa menjadi salah satu negara pertama di dunia yang benar-benar memimpin dalam bidang ini, tidak hanya memproduksi daging hasil budidaya, namun juga memastikan bahwa makanan tersebut halal bagi umat Islam,” kata Menteri yang membidangi Urusan Islam, Masagos. Zulkifli, seperti dikutip Saluran Berita Asia (CNA).

(blq/dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);