Pemain Timor Leste yang Pernah Mencicipi Liga Indonesia Sebelum Paulo Gali Freitas – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain asing baru PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas kini menjadi nama pemain sepak bola Timor Leste terbaru yang akan mewarnai persaingan di kompetisi sepak bola Indonesia.

Sebelum munculnya nama Paulo Gali Freitas, sebenarnya ada beberapa nama pemain asal Timor Leste yang sudah mencoba peruntungan untuk meniti karir di Indonesia.

Paulo Gali Freitas memang menjadi sosok yang cukup menarik mengingat catatan prestasinya yang kontroversial, khususnya di kancah Asia Tenggara. Karena dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15 2019.

Turnamen ini benar-benar mendongkrak nama pemain kelahiran Dili itu. Pasalnya, saat itu penyerang kelahiran 31 Desember 2004 itu berhasil menjadi top skorer dengan tujuh gol.

Gali Freitas diharapkan dapat mengikuti jejak pendahulunya yang mampu mengukir cerita manis sepanjang karirnya di Indonesia.

Berikut tiga pemain Timor Leste yang pernah berkarier di Indonesia sebelum Gali Freitas.

1. João Bosco Cabral

Seorang pemain sepak bola asal Timor Leste yang memiliki cerita menarik dari karirnya di Indonesia adalah Joao Bosco Cabral. Keuletannya dalam bertahan membuatnya menjadi bek tengah yang solid.

Selama berkarier di Indonesia, ia memulai kiprahnya bersama Arseto Solo. Setelah itu Bosco melanjutkan kiprahnya dengan klub-klub seperti PSPS Pekanbaru, Persikota Tangerang, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan Bali Devata.

Setelah Timor Leste merdeka dari Indonesia, Joao Bosco Cabral pun memilih menjadi warga negara Timor Leste.

2. Mario Baldo Bento

Sebelum nama Joao Bosco Cabral muncul di kancah sepak bola Indonesia, ada seorang pemain Timor Leste yang cukup terkenal saat itu, Miro Baldo Bento.

Pemain ini mengawali karir di Indonesia saat bergabung dengan Arseto Solo pada tahun 1992 di ajang Galatama. Bahkan ia juga menjadi pemain Timnas Indonesia karena dinilai memiliki ketajaman.

Sepanjang karirnya di Indonesia, Miro Baldo Bento pernah berseragam PSM Makassar, Persedent Denpasar, Persekaba Badung, Persijap Jepara, Persim Minahasa, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, PBSL Langsa, hingga PSIS Semarang.

3. Pemain Naturalisasi Timor Leste

Selain dua nama di atas, sebenarnya masih ada beberapa nama pemain sepak bola berpaspor Timor Leste yang pernah berkunjung ke Indonesia. Mereka adalah Alan Leandro da Silva, Felipe Bertoldo, Pedro Henrique dan Paulo Martin.

Namun, sebagian besar pemain tersebut lahir di Brazil atau Portugal, dan kemudian memutuskan menjadi warga negara Timor Leste.

Dari keempat nama di atas, sosok terbaru yang mewarnai kancah Liga 1 adalah Pedro Henrique. Doa bermain untuk Madura United dan Persikabo pada tahun 1973.

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]