Peluang Kecil Maarten Paes, Bikin Jadi WNI tapi Belum Tentu Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Maarten Paes disebut-sebut hanya berpeluang kecil membela Timnas Indonesia meski berstatus WNI, statuta FIFA soal transfer federasi jadi masalah.

Proses naturalisasi Maarten Paes mendapat mimpi buruk bagi timnas Indonesia, kiper FC Dallas itu dinilai semakin minim peluang bermain di timnas.

Peluang Maarten Paes bermain di timnas Indonesia terbilang tipis, meski akhirnya sang pemain menyandang status WNI.

Proses naturalisasi Maarten Paes mungkin berjalan baik, namun legalitas FIFA terkait transfer federasi mungkin menghalangi.

Berdasarkan statuta FIFA yang diterbitkan pada tahun 2022, situasi yang dialami Maarten dapat dicegah dengan Pasal 9 huruf b paragraf ketiga tentang Transfer Asosiasi.

Hal itu diungkapkan Hasani Abdulgani dalam tulisan yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Minggu (12/2/2024).

Meski begitu, Hasani meminta PSSI mencermati ayat pasal tersebut, masih ada kemungkinan Paes bergabung ke Timnas Indonesia.

Benarkah Maarten Paes tidak bisa menjadi pemain timnas Indonesia?, tulis Hasani.

Berdasarkan pasal sembilan ayat 2 memang tidak bisa karena baru bermain untuk Belanda U-21 setelah September 2020,

“Ada ayat lain di Pasal 9 yang menyatakan pengecualian bagi mereka yang peraturan nasionalnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda.”

Oleh karena itu, menurut saya, Maarten Paes masih mempunyai peluang jika tim kuasa hukum PSSI cermat dalam mencermati aturan, terutama uraian pada pasal sembilan Statuta FIFA.

“Semoga beruntung,” tambahnya.

Arya Sinulingga selaku Exco PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada Hasani Abdulgani atas informasi yang diberikan, namun sikap PSSI tetap sama.

PSSI masih fokus menyelesaikan naturalisasi Maarten Paes, jika sudah terpenuhi maka mereka akan mengurus transfer federal.

“Banyak rumor yang beredar soal Maarten Paes. Mungkin ada pengamat sepak bola yang mengatakannya. Kami luruskan,” kata Arya.

“Ya, ada kendala di sana karena di usianya yang 22 tahun dia masih bermain untuk negara anggota FIFA,”

Namun PSSI saat ini masih memproses Maarten Paes untuk mendapatkan WNI. Setelah itu, langkah selanjutnya bisa dilakukan.

“Jadi tahapan-tahapan itu akan kami laksanakan, apakah kami bernegosiasi atau melakukan proses yang mengikuti aturan FIFA.

Namun dengan syarat Maarten Paes harus tetap diproses hingga menjadi WNI,

“PSSI hanya bisa melakukan langkah dan tahapan proses lebih lanjut kepada FIFA untuk menantang aturan mereka tentang bagaimana Maarten Paes menjadi warga negara Indonesia.

“Kalau tidak, kami tidak punya hak lagi untuk melakukan hal itu.” dia menambahkan.