Pelatih Brasil U-17 Ungkap Kunci Kemenangan Skuadnya Atas Ekuador – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-17 Brasil, Phelipe Leal menilai keberhasilan timnya melaju ke babak delapan besar Piala Dunia U-17 karena mampu menjaga ritme permainan sesuai keinginan sang pelatih.

Brasil memastikan lolos ke babak perempat final usai mengalahkan Ekuador dengan skor 3-1 pada laga babak 16 besar Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023) sore.

Tiga gol Brasil dicetak pemain bernomor punggung 20 Estivao pada menit ke-14 dan 70, kemudian Lucghi (90). Sedangkan gol Ekuador dicetak Michael Bermudez pada menit ke-45.

Phelipe Leal mengatakan, di Piala Dunia U-17, Brasil harus bisa mengatur permainan sesuai lawan yang akan dihadapi karena tidak mungkin timnya terus menyerang gawang lawan. “Masyarakat tahu sepak bola Brasil seperti apa,” ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Dikatakannya, strategi yang diterapkan tim juga bersifat situasional, yakni melihat kelebihan dan kelemahan lawan lalu memanfaatkan setiap peluang sesuai situasi di lapangan.

“Pada laga ini, Brasil banyak menggunakan serangan balik dan menghasilkan kemenangan atas Ekuador,” ujarnya.

Mengomentari pencetak gol pada laga tersebut, Phelipe Leal menjelaskan bahwa Estivao dipandang sebagai pemain terbaik pada laga Brasil melawan Ekuador.

Brasil, lanjutnya, memiliki 21 pemain yang memiliki kualitas cukup merata meski ada juga beberapa pemain yang berpotensi menjadi top skorer. Namun semua pemain mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya.

Sementara itu, Estivao menuturkan, ia dan rekan satu timnya bisa menikmati permainan tersebut karena bertemu dengan rekan satu tim asal Amerika Selatan yang tentunya sering bertemu dan mengetahui gaya permainan satu sama lain.

“Brasil sebagai juara bertahan Piala Dunia U-17 tidak akan menganggap remeh siapa pun lawannya. Siapa pun yang dihadapi harus punya tekad yang sama untuk meraih kemenangan,” kata Estivao.

Ia juga mengatakan, sebelum laga melawan Ekuador, pelatih dan staf tim selalu memberikan suasana nyaman kepada para pemainnya, sehingga ketika para pemain masuk ke lapangan, semua bisa memaksimalkan kemampuannya.

“Yang sering diingatkan kepada para pemain adalah kerja kolektif diutamakan. Namun, ada pemain yang punya karakter bagus dan di saat yang tepat bisa menciptakan kemenangan,” ujarnya.