Naturalisasi Jay Idzes untuk Timnas Indonesia Hampir Rampung – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Jay Idzes, pemain berposisi bek tengah yang baru saja diumumkan sebagai pemain baru timnas Indonesia, saat ini sedang menjalani proses naturalisasi di Indonesia. Arya Sinulingga, Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco PSSI), membeberkan informasi terkini terkait proses naturalisasi.

Meski masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui Jay Idzes, namun proses tersebut diharapkan bisa segera selesai agar bisa menjadi bagian timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Proses naturalisasi Jay Idzes sudah sampai ke tingkat Kementerian Hukum dan HAM RI setelah sebelumnya melalui tingkat Kedutaan Besar Belanda dan rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Arya Sinulingga berharap proses ini segera berakhir, sehingga Jay Idzes bisa menerima identitasnya sebagai WNI.

“Sekarang pergilah ke Kementerian Hukum dan Keamanan. Mudah-mudahan ini berakhir pada soal kewarganegaraan, kata Arya dalam keterangannya di Jakarta.

Selanjutnya, proses naturalisasi akan melalui beberapa tahapan penting. Setelah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, proses ini akan melibatkan Menteri Negara, Presiden, dan DPR.

DPR akan menyelenggarakan sidang pembahasan permohonan naturalisasi, termasuk sidang di Komisi 10 dan 3, serta sidang paripurna DPR.

Setelah melalui tahap tersebut, Jay Idzes selanjutnya akan memasuki tahap terakhir yaitu pengambilan sumpah sebagai WNI.

Arya Sinulingga juga mengungkapkan, pemain naturalisasi perlu dua kali hadir secara fisik selama proses ini.

Semua level tersebut harus dipenuhi agar Jay Idzes bisa resmi menjadi bagian Timnas Indonesia.