Mengenal Sejarah Lahirnya Community Shield, Turnamen Pembuka Liga Inggris – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pertandingan Community Shield 2023 akan berlangsung hari ini, Minggu (6/8/2023) malam pukul 22.00 WIB di Stadion Wembley, London, Inggris antara juara bertahan Liga Inggris, Manchester City kontra runner-up musim lalu, Arsenal.

Gelaran Community Shield ini sekaligus menjadi tanda dan awal akan segera bergulirnya kompetisi Liga Inggris musim 2023/2024. Pekan pertama Premier League musim ini sendiri dijadwalkan mentas pada Sabtu (12/6) mendatang.

Community Shield 2023 sendiri bakal mempertemukan Arsenal vs Manchester City. Ajang ini bakal menjadi Community Shield ke-101 sepanjang sejarah.

Harusnya Community Shield adalah ajang yang mempertemukan juara Liga Inggris dengan kampiun Piala FA di musim sebelumnya.

Namun, karena Manchester City menjadi juara di kedua ajang tersebut, maka terpilih Arsenal sebagai lawannya karena menjadi runner-up di Liga Inggris 2022/2023.

Lantas, seperti apa sebetulnya sejarah dari Community Shield itu sendiri?

Mengenal Community Shield

Sejarah mencatat bahwa ajang Community Shield terjadi pada 1898 sampai 1907 dari awalnya turnamen Sheriff of London Charity.

Kompetisi ini diselenggarakan atas prakarsa Sir Thomas Dewar yang dimaksudkan sebagai laga amal dan mempertemukan antara klub profesional melawan klub amatir.

FA lantas mengambil alih dan mengubah namanya menjadi FA Charity Shield. Meski berubah, formatnya tetap sama yaitu mempertemukan tim semi-ro dan tim pro.