Media Vietnam Puji Taktikal Indra Sjafri Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Media Vietnam, Soha, secara khusus menyoroti pelatih Timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, yang berhasil mengantarkan timnya lolos ke final sepak bola SEA Games Kamboja 2023. Soha memuji kemampuan taktis Indra Sjafri.

Soha menilai skema counter attack yang diterapkan Indra Sjafri mampu mematahkan semangat para pemain timnas U-22 Vietnam di laga semifinal SEA Games 2023.

Timnas U-22 Indonesia memang sukses melaju ke final sepak bola SEA Games 2023 setelah menang dramatis atas Vietnam dengan skor 3-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). .

Tiga gol Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– dicetak Komang Teguh (9′), Muhammad Ferrari (53′) dan Taufany Muslihuddin (90+5′).

Sementara itu, Vietnam mencetak dua gol balasan lewat Nguyen Van Tung (35′) dan gol bunuh diri Bagas Kaffa (78′).

Padahal, timnas U-22 Vietnam berpeluang besar mengalahkan timnas U-22 Indonesia. Pasalnya, Garuda Muda asuhan Indra Sjafri bermain dengan 10 pemain mulai menit ke-60 setelah Pratama Arhan diganjar kartu merah.

Namun, Indra membuktikan kemampuan taktisnya. Pelatih berusia 60 tahun itu menerapkan strategi brilian yang mampu meredam serangan para pemain Vietnam.

Indra pun menerapkan skema serangan balik sehingga Timnas U-22 Indonesia mampu mencuri gol kemenangan di saat-saat akhir menjelang akhir pertandingan.

“Dua pemain yang saya bawa ke lapangan dihitung. Kami sengaja menunggu Vietnam bangkit untuk melakukan serangan balik. Alhasil, kami berhasil di menit-menit akhir,” ujar Indra dalam konferensi pers usai pertandingan.

Strategi ini juga disorot oleh media Vietnam, Soha. Mereka menyebut, serangan balik Timnas U-22 Indonesia membuat Vietnam yang dipimpin pelatih berpengalaman Philippe Troussier gagal memenangkan pertandingan.

‚ÄúDengan semangat yang tinggi, Vietnam terus menekan lawannya untuk mencari jalan menyelesaikan pertandingan. Sayangnya, tim asuhan Troussier terkena serangan balik di menit 90+5 dan kalah 2-3,” tulis Soha, Minggu (14/5/2023).

Harus diakui, kemampuan taktis pelatih lawan memang patut diacungi jempol.

Dengan kekalahan ini saja, Vietnam pasti gagal mempertahankan medali emas sepakbola SEA Games. Tim besutan Troussier akan menghadapi Myanmar dalam laga perebutan medali perunggu SEA Games di Kamboja, Senin (15/5/2023) besok.

Sementara itu, Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga final yang akan digelar di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) sore WIB.