Liga 1 Indonesia 2023/2024 Tidak Kalah Keren dari Premier League – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Liga 1 Indonesia 2023/2024 dijadwalkan akan dimulai pada 1 Juli. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu tidak akan kalah dengan Liga Inggris di Inggris.

Hal tersebut disampaikan Erick dalam konferensi pers terkait penyelenggaraan Liga 1 2023/2024, Kamis (15/6/2023). Ia menjelaskan apa saja keberhasilan yang telah dilakukan sehingga persaingan semakin meningkat.

Salah satu yang terbaru adalah penggunaan billboard elektronik alias e-board di semua venue Liga 1. Sebelumnya, hanya beberapa tim yang bisa menggunakannya.

“Kesuksesan ini luar biasa, baru pertama kali semua klub memiliki LED (e-board) dan sudah menyala. Tidak kalah hebatnya dengan Premier League,” kata Erick Thohir dalam sambutannya.

“Rating Liga 1 di Indonesia lebih tinggi dari Inggris, tentu visualnya juga harus lebih baik. Ini antara kesuksesan kita dengan PT LIB (Liga Indonesia Baru),” jelasnya.

Beberapa hal baru juga dihadirkan Erick terkait Liga 1 seperti format reguler dan seri champion.

Selain itu, di pertengahan musim, VAR akan mulai digunakan untuk meningkatkan persaingan.

Selain itu, PSSI juga bekerja sama dengan Japan Football Federation (JFA) untuk meningkatkan kualitas wasit.

Saat ini perwakilan dari JFA sudah berada di Indonesia untuk memberikan pelatihan.

“Saat ini ada dua wasit Jepang yang latihan dari 15-20 Juni kalau tidak salah. Ada satu wasit yang fokus mengecek wasit di liga secara mandiri dan profesional, ada juga wasit yang membimbing daerah. supaya standarnya sama,” jelasnya. .