Legenda Sepak Bola Jepang Shinji Ono Umumkan Gantung Sepatu – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Legenda sepak bola Jepang, Shinji Ono, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola di usia 44 tahun pada Minggu (3/12/2023).

Ono menjadi pemain Jepang pertama yang meraih trofi antarklub Eropa saat timnya saat itu, Feyenoord Rotterdam, menang atas Borussia Dortmund di final Piala UEFA 2022, seperti dikutip AFP.

Gelandang serang ini merupakan bagian dari gelombang pionir pemain Jepang yang bermigrasi ke Eropa pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, bersama Hidetoshi Nakata dan Kazuyoshi Miura.

Ono, yang dijuluki “Genius”, melakukan debut internasionalnya sebagai pemain tim nasional pada usia 18 tahun, dan dia bermain untuk Jepang di Piala Dunia 1998 di Prancis dua bulan kemudian.

Ia tampil di tiga Piala Dunia dan mencatatkan 56 penampilan timnas, dengan koleksi enam gol internasional.

Ono dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Asia pada tahun 2000, dan dia juga bermain untuk klub di Jerman dan Australia, dan memenangkan gelar Liga Australia bersama Western Sydney Wanderers pada tahun 2013.

Selain itu, Ono juga memimpin klub Urawa Red Diamonds menjuarai Liga Jepang dan Liga Champions Asia, serta memimpin tim Samurai Biru menjuarai Piala Asia 2000.

Ono membuat penampilan terakhirnya pada hari Minggu untuk Hokkaido Consadole Sapporo yang kalah 2-0 dari Urawa pada hari terakhir musim Liga Jepang.

Beberapa mantan rekan setimnya di timnas Jepang masih bermain di usia 40-an termasuk yang paling fenomenal “Raja Kazu” Miura yang kini berusia 56 tahun. (DI ANTARA)