Lee Carsley akan ditunjuk sebagai manajer sementara Inggris

by

Manajer Inggris U-21 Lee Carsley akan ditunjuk sebagai pelatih sementara Three Lions menyusul kepergian Gareth Southgate, menurut laporan.

Southgate mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai Inggris manajer hanya beberapa hari setelah kalah di final Euro 2024 melawan Spanyol. Masa jabatannya mendapat tanggapan beragam, tetapi ia berhasil membawa Inggris ke final Kejuaraan Eropa dua kali berturut-turut, serta melaju ke empat besar Piala Dunia 2018.

Meskipun pengganti permanen Southgate belum ditemukan, diyakini bahwa Carsley akan naik ke peran senior. Telegrapmantan gelandang Everton diharapkan memimpin Inggris saat mereka menghadapi Republik Irlandia dan Finlandia dalam pertandingan UEFA Nations League bulan depan.

Gareth Southgate

Southgate mengundurkan diri setelah final Euro 2024 / Ian MacNicol/GettyImages

Carsley saat ini berpeluang untuk ditunjuk sebagai pelatih sementara, tetapi ia juga bisa diberi peran tersebut secara permanen jika FA menganggapnya orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Jika ia berhasil Gerbang selatania akan mengikuti jejak pendahulunya yang awalnya menjabat sebagai pejabat sementara pada September 2016.

Howard Wilkinson dan Stuart Pearce juga mengambil jalan serupa di masa lalu, sehingga hal ini bukanlah hal yang jarang terjadi.

Dalam peran junior lions sejak 2021, Carsley telah membuktikan dirinya sukses, mengantarkan Inggris meraih Kejuaraan Eropa U-21 pertama kalinya dalam hampir 40 tahun pada musim panas lalu.

Carsley yang kini berusia 50 tahun lahir di Birmingham dan memulai karier bermainnya sendiri di Derby County. Namun, ia sebenarnya mewakili Irlandia sebagai pemain internasional, tampil 40 kali untuk negara tersebut antara tahun 1997 dan 2008, termasuk ikut serta dalam Piala Dunia pada tahun 2002.

Karier bermainnya selanjutnya adalah di Blackburn Rovers, Coventry City, dan klub kota kelahirannya Birmingham City, sementara pekerjaan pertamanya di FA dalam timnas Inggris terjadi pada tahun 2015 sebagai asisten pelatih U-19. Carsley juga sempat melatih Brentford, mengambil peran sebagai pelatih sementara di Coventry dan Birmingham, serta menghabiskan waktu sebagai pelatih akademi di Manchester City.

BACA LEBIH LANJUT BERITA INGGRIS TERBARU, KUTIPAN, DAN PRATINJAU PERTANDINGAN