Lapangan Sering Banjir, Stadion Pakansari Rampungkan Pergantian Rumput Rp1,9 Miliar – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor telah selesai penggantian rumput dan perbaikan drainase yang menelan biaya Rp1,9 miliar.

Hal tersebut disampaikan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat.

Kepala Dispora Kabupaten Bogor, Asnan di Bogor menjelaskan, Stadion Pakansari kini menggunakan rumput Zoysia Japonica dibandingkan jenis Zoysia Matrella sebelumnya.

“Rumputnya sudah ditanam. Saat ini sedang dilakukan pemupukan terus menerus agar cepat tumbuh dan baik. Pokoknya tepat sasaran,” kata Asnan dikutip dari di antaraJumat (6/10/2023).

Meski penanaman rumput sudah selesai, namun lapangan sepak bola Stadion Pakansari masih belum bisa digunakan karena harus menunggu enam bulan sebelum bisa digunakan kembali.

Terlebih lagi untuk liga sepak bola karena tanahnya masih terlalu lunak sehingga perlu dilakukan penyesuaian terlebih dahulu agar tanahnya kokoh dan bola memantul sesuai aturan FIFA, jelasnya.

Asnan menjelaskan, sejak beroperasi pada tahun 2016, rumput di Stadion Pakansari tidak pernah diganti sama sekali sehingga keadaannya memprihatinkan, apalagi saat turun hujan dan sering terjadi banjir.

Meski demikian, stadion berkapasitas 30.000 penonton ini masih dijadikan markas tim sepak bola Persikabo 1973 Liga 1 Indonesia.

Sedangkan rumput jenis baru yang digunakan, kata dia, memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan jenis rumput Zoysia Matrella yang digunakan sebelumnya.

Zoysia Japonica banyak digunakan untuk lapangan golf. Rumput jenis ini memiliki tingkat pemulihan yang lebih cepat, meski teksturnya lebih kasar dibandingkan Zoysia Matrella.

Zoysia Japonica bisa tumbuh lebih cepat dan lebih tahan terhadap iklim Indonesia, apalagi intensitas pemanfaatan Stadion Pakansari sangat tinggi, jelas Asnan.