Kontroversi Atap JIS Tak Ditutup hingga Kebanjiran, Ternyata Ada Aturannya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Jakarta International Stadium (JIS) jadi sorotan akibat banjir jelang laga Brasil vs Argentina di babak perempat final Piala Dunia U-17 2023, Jumat (24/11). Pertanyaannya, mengapa atap tidak ditutup saat hujan deras?

Sedianya laga Brasil vs Argentina dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun ditunda selama 30 menit setelah hujan reda.

Hujan deras tersebut menyebabkan genangan air cukup besar di beberapa bagian lapangan Jakarta International Stadium. Padahal, sebelumnya rumput JIS lolos ujian saat hujan deras di laga pembuka Grup C Inggris vs Iran.

Petugas di lokasi langsung bergegas membersihkan genangan air di lapangan. Kemudian pertandingan dimulai pukul 19.30 WIB.

Padahal, jika atap JIS ditutup saat hendak turun hujan deras, mungkin laga Brasil vs Argentina tidak akan tertunda selama 30 menit. Ya, kelebihan dari Jakarta International Stadium sendiri adalah dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka dan ditutup secara otomatis.

Lantas, kenapa atap JIS tidak ditutup saat hujan deras saat laga Brasil vs Argentina?

Dilansir dari situs resmi UEFA, ternyata menutupi atap stadion tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena ada aturan yang mengaturnya. Aturan terkait stadion yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis terdapat pada pasal 34.

Sebelum pertandingan, delegasi pertandingan UEFA, setelah berkonsultasi dengan wasit, memutuskan apakah atap stadion yang dapat dibuka secara otomatis akan dibuka atau ditutup selama pertandingan. Keputusan ini harus diumumkan pada rapat organisasi sebelum pertandingan, meskipun keputusan ini dapat berubah sewaktu-waktu sebelum pertandingan dimulai” ketika cuaca berubah. Sekali lagi Anda harus berkonsultasi dengan wasit,” tulis pernyataan resmi UEFA.

“Jika pertandingan dimulai dengan atap tertutup, maka atap harus tetap tertutup sampai akhir babak pertama atau sepanjang pertandingan. Jika pertandingan dimulai dengan atap terbuka, hanya wasit yang berwenang memerintahkan atap ditutup selama pertandingan. pertandingan, tunduk pada hukum yang berlaku yang dikeluarkan oleh “Otoritas negara yang berwenang. Keputusan seperti itu hanya dapat diambil jika cuaca memburuk secara signifikan. Jika wasit memerintahkan atap ditutup selama pertandingan, maka atap harus tetap ditutup hingga akhir babak pertama atau peluit akhir dibunyikan,” demikian bunyi pernyataan resmi UEFA.

Selain itu, Argentina berhasil lolos ke babak semifinal Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Brasil dengan skor 3-0. Claudio Echeverri berhasil mencetak hat-trick untuk kemenangan Tim Tango.