Kemajuan dan tanggal kembalinya kapten Arsenal

by

Itu adalah malam Senin yang dramatis bagi pendukung Arsenal, yang melihat kapten Martin Odegaard tertatih-tatih sambil menangis pada menit ke-67 dalam kemenangan Norwegia atas Austria di UEFA Nations League.

2024/25 merupakan musim yang hebat bagi tim Gunners setelah dua kali mengalahkan Manchester City dalam perebutan gelar juara, dengan Mikel Arteta mungkin hanya memiliki satu kesempatan lagi untuk melengserkan Pep Guardiola sebelum bos City itu pergi menuju senja – dan membimbing Inggris menuju kejayaan Piala Dunia di New York.

Kapten klub Odegaard sangat penting bagi Arsenal asuhan Arteta. Ketersediaannya yang mengesankan dan kecemerlangannya yang tak diragukan lagi saat menguasai bola membuat sulit membayangkan calon juara Liga Primer itu dapat berfungsi optimal tanpanya.

Ini adalah saat yang menegangkan bagi para pendukung mengingat betapa pentingnya absennya Odegaard dalam jangka panjang.

Berikut ini informasi terbaru tentang Kemunduran Odegaard akibat cedera dan kapan ia bisa kembali beraksi.

Kapten Norwegia itu terkilir pergelangan kakinya saat berebut bola liar dengan Christoph Baumgartner dari Austria.

Gambar diam dari insiden tersebut menunjukkan pergelangan kaki Odegaard terkilir 90 derajat, dan dokter tim Norwegia Ola Sand mengonfirmasi pascapertandingan bahwa gelandang tersebut mengalami “keseleo pergelangan kaki ringan”. Odegaard terpaksa keluar lapangan dalam kemenangan Norwegia 2-1 setelah 67 menit, dengan kapten yang menangis itu tertatih-tatih sambil dibantu oleh dua fisioterapis.

Martin Odegaard dan Sander Berge

Odegaard terlihat kesakitan setelah mengalami cedera pergelangan kaki / Mateusz Slodkowski/GettyImages

Sementara Sand menggambarkan cedera Odegaard sebagai “keseleo pergelangan kaki ringan”, tingkat keparahan cederanya tidak akan sepenuhnya jelas sampai gelandang tersebut menjalani pemindaian MRI.

Kapten Arsenal akan terbang kembali ke London dan menjalani MRI pada hari Selasa. Gambaran yang lebih jelas tentang kapan Odegaard dapat kembali beraksi akan muncul kemudian.

Jika Odegaard hanya mengalami cedera terkilir tingkat satu, ia kemungkinan akan pulih dan dapat kembali bermain dengan relatif cepat. Namun, cedera tingkat dua atau tiga akan membuat pemain berusia 25 tahun itu absen selama berminggu-minggu, bahkan mungkin berbulan-bulan.

Bernardo Silva, Martin Odegaard

Arsenal akan menghadapi Manchester City pada tanggal 22 September / Justin Setterfield/GettyImages

Tentu saja, hal itu akan bergantung pada tingkat keparahan cedera pergelangan kaki Odegaard, tetapi tanda-tanda awal tidak terlalu menjanjikan bagi Odegaard. Selain itu, kemundurannya terjadi pada waktu yang sangat sibuk dalam kalender dengan Arsenal Liga Champions Kampanye akan segera dimulai.

Sebelum The Gunners bertandang ke Atalanta Kamis depan, tim asuhan Arteta akan menghadapi Tottenham di kandang lawan dalam derby London utara di awal musim. Kapten Arsenal itu akan kesulitan untuk tampil pada hari Minggu meskipun ia mengalami cedera terkilir tingkat satu.

Setelah perjalanan mereka ke Bergamo, Arsenal menghadapi Kota Manchester di Etihad pada 22 September. Jadi, meskipun Odegaard absen selama dua minggu, ia akan absen dalam tiga pertandingan tandang besar. The Gunners akan menghadapi Leicester di Emirates pada Sabtu berikutnya sebelum menjamu Paris Saint-Germain dalam pertandingan fase kedua Liga Champions pada 1 Oktober.

Bukayo Saka

Bukayo Saka dapat digunakan lebih terpusat / Visionhaus/GettyImages

Odegaard telah menjadi pemain kunci Arsenal asuhan Arteta sejak ia menandatangani kontrak permanen pada tahun 2021. Jika ia absen dalam waktu lama, bos The Gunners itu pasti harus mengubah taktik. Dengan hengkangnya Emile Smith Rowe dan Fabio Vieira pada musim panas, Arteta memiliki lebih sedikit pengganti alami dan ia tidak mungkin memanggil pemain muda Ethan Nwaneri untuk pertandingan penting Arsenal mendatang.

Mikel Merino absen hingga Oktober karena cedera bahu, sementara Declan Rice diskors untuk derby hari Minggu.

Bukayo Saka dapat digunakan di peran gelandang tengah kanan dengan Raheem Sterling memegang lebar sayap, atau Arteta dapat beralih ke pivot ganda dan memanfaatkan Saka, Kai Havertz atau Leandro Trossard sebagai pemain nomor sepuluh.

Pelatih hebat dan tim terbaik beradaptasi tanpa banyak kesulitan. Absennya Odegaard niscaya akan menguji kapasitas kepelatihan Arteta hingga tingkat tertinggi.

BACA BERITA ARSENAL TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP