Justin Hubner Dicoba Jadi Gelandang, Indikasi Marc Klok Mulai Terpinggirkan di Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali melakukan sejumlah eksperimen jelang Piala Asia 2023. Terbaru, Shin Tae-yong menjajal bek naturalisasi, Justin Hubner, untuk bermain di posisi gelandang.

Shin Tae-yong memainkan Justin Hubner sebagai starter di lini tengah saat tim senior Indonesia kalah tipis 1-2 dari Libya pada laga uji coba kedua melawan Libya di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) sore WIB.

Timnas Indonesia dua kali menjajal kekuatan Libya dalam rangkaian agenda pemusatan latihan (TC) di Turki, sebagai persiapan beraksi di Piala Asia 2023 di Qatar.

Pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia kalah 0-4 pada laga yang berlangsung 2 Januari lalu, pelatih Shin Tae-yong melakukan beberapa eksperimen atau merotasi pemain.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) mengamati permainan anak asuhnya pada laga uji coba melawan Libya di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) sore WIB. [dok. PSSI]

Tiga hari kemudian, Shin Tae-yong kembali melakukan beberapa eksperimen, termasuk memainkan Justin Hubner yang semula berposisi sebagai bek tengah di posisi gelandang.

Pemain berusia 20 tahun yang bermain untuk klub Inggris Wolves itu tampil selama 90 menit penuh untuk Si Merah Putih.

Meski masih terlihat sedikit kecewa, Hubner terlihat cukup menjanjikan dengan peran barunya. Shin Tae-yong menggunakan formasi 3-4-2-1 pada laga kedua melawan Libya.

Ketiga bek tengah tersebut dipercayakan kepada Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott. Mereka sudah lama bermain bersama.

Mungkin karena tak ingin mengubah komposisi yang dipatenkan, Shin Tae-yong melakukan penyesuaian. Ketimbang harus mengubah komposisi trio bek tengah, sang pelatih memilih menggeser posisi Hubner.

Hubner bermitra dengan Ivar Jenner di tengah sebagai poros ganda. Hubner sendiri mempunyai tugas menjaga kedalaman. Dia berada tepat di depan tiga bek tengah. Sedangkan Jenner lebih fleksibel dan bebas saat menyerang.

Hubner memberikan opsi baru bagi Shin Tae-yong untuk menata komposisi pemain di lini tengah. Namun, ada pemain yang mungkin menjadi ‘korban’ dari upaya perubahan posisi Hubner.

Arkhan Fikri dan Adam Alis sudah dicoret dari skuad Piala Asia 2023 di Qatar bulan ini, meski mungkin masih masuk daftar lagi. Mereka tak lagi menjadi pilihan utama di lini tengah.

Selanjutnya, Marc Klok mungkin menjadi ‘korban’ perubahan posisi Hubner.

Marc Klok.  (Instagram/pssi)
Marc Klok. (Instagram/pssi)

Jika di laga-laga Timnas Indonesia sebelumnya Klok selalu menjadi pilar utama, mungkin kedepannya ia harus siap duduk di bangku cadangan dan memberi tempat kepada Hubner di tim utama.

Pada laga pertama melawan Libya dan beberapa laga internasional terakhir bersama timnas Indonesia, Marc Klok, gelandang Persib Bandung berusia 30 tahun, tampak melambat.