Jumpa Thailand di Final, Ini 3 Opsi Pengganti Pratama Arhan untuk Pos Bek Kiri Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, memiliki beberapa pemain pengganti Pratama Arhan yang dipastikan absen pada laga melawan Thailand di final sepakbola SEA Games 2023.

Arhan memang akan absen akibat skorsing setelah menerima dua kartu kuning, artinya kartu merah, pada laga semifinal melawan Vietnam, Sabtu (13/5/2023).

Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri tak perlu khawatir dengan absennya Arhan. Sebab, ada beberapa opsi yang bisa dimaksimalkan untuk mengisi posisi bek kiri Timnas U-22 di final.

Berikut tiga nama pemain yang bisa menggantikan Pratama Arhan saat Timnas U-22 Indonesia bertemu Thailand di final sepakbola SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023):

1. Haykal Al-Hafiz

Salah satu pemain yang bisa menggantikan Pratama Arhan adalah Haykal Al-Hafiz. Pemain yang baru saja direkrut oleh PSIS Semarang ini, posisi naturalnya adalah bermain sebagai bek sayap kiri.

Sejauh ini, Haykal baru satu kali tampil bersama timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023. Momen itu terjadi tepat saat Garuda Muda menghadapi Kamboja di laga pamungkas Grup A.

Haykal memang memiliki kualitas yang cukup baik untuk memainkan posisi tersebut, terutama dalam hal akurasi crossing. Karena itu, dia berhak menjadi pengganti Pratama Arhan di final.

2.Ilham Rio Fahmi

Selanjutnya, ada nama Ilham Rio Fahmi yang bisa dipertimbangkan Indra Sjafri untuk menggantikan Pratama Arhan di final SEA Games 2023.

Rio Fahmi memang posisinya natural sebagai bek kanan. Namun pemain asal Persija Jakarta ini juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri jika dibutuhkan.

Setidaknya, Rio Fahmi memainkan peran tersebut saat timnas U-22 Indonesia menghadapi Vietnam di babak semifinal. Pada pertandingan ini, Rio Fahmi masuk babak kedua menggantikan Witan Sulaeman.

Pergantian itu dilakukan Indra Sjafri karena Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua dan Garuda Muda membutuhkan angka untuk mengisi lubang yang ditinggalkan pemain asal Tokyo Verdy itu.

3. Alfeandra Dewanga

Pemain lain yang juga memiliki kemampuan ditempatkan sebagai bek kiri Timnas U-22 Indonesia di final adalah Alfeandra Dewangga.

Secara alami, posisi bermainnya yang alami adalah sebagai bek tengah. Namun, Dewa memiliki kemampuan multi posisi untuk memainkan beberapa peran di lapangan.

Di SEA Games 2023, dia sudah merasakan dua posisi berbeda. Selain sebagai bek tengah, Indra Sjafri juga kerap berencana mengisi peran sebagai gelandang bertahan.

Meski dibutuhkan, pemain asal PSIS Semarang ini bisa diplot sebagai bek kiri. Dia mendapat peran beberapa kali di bawah Shin Tae-yong.

[Muh Faiz Alfarizie]