Jadi Titik Lemah Utama, Erick Thohir Desak STY Poles Striker Bagus buat Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Usai perjalanan menuju Piala Asia 2023 Qatar, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) masih menghadapi tugas berat yang harus dijalani.

Tugas tersebut menyangkut kurang tajamnya lini depan tim. Ya, sektor depan dinilai menjadi titik lemah utama Timnas Indonesia setelah melihat performanya di Piala Asia 2023.

Untuk turnamen di Qatar kali ini, Shin Tae-yong sebenarnya sudah memboyong lima striker untuk memperkuat timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia Qatar 2023. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Kelima penyerang tersebut antara lain Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, dan Rafael Struick.

Meski mendatangkan lima striker, upaya tersebut tak membuahkan hasil yang diharapkan di Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Hebatnya Piala Asia 2023, Manchester United Makin Semangat Datangkan Takefusa Kubo

Tercatat, tidak ada satu pun penyerang Timnas Indonesia di barisan depan yang mampu mencatatkan namanya di papan skor Piala Asia kali ini.

Rafael Struick bisa dibilang menjadi satu-satunya striker yang diandalkan Shin Tae-yong, sedangkan Hokky Caraka dan Dimas Drajad hanya tampil sebagai cameo.

Yang miris, Dendy Sulistyawan dan Ramadhan Sananta tak mendapat menit bermain di Piala Asia 2023.

Pelatih Shin Tae-yong menghadapi tantangan penyelesaian permasalahan tersebut untuk agenda ke depan, khususnya Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 untuk tim senior dan Piala Asia U-23 2024 untuk Timnas U-23 Indonesia.

General Manager PSSI, Erick Thohir, ingin segera ada solusi. STY didesak untuk mengembangkan striker yang bagus untuk tim Garuda.

BACA JUGA: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Wolves vs Manchester United: Setan Merah Wajib Waspada

Melihat Piala Asia sebelumnya, kami kekurangan striker tajam, kata Erick Thohir, dikutip dari situs PSSI, Kamis (1/2/2024).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (dok.PSSI)

Misalnya saja lihat performa Australia (di babak 16 besar Piala Asia 2023 saat Timnas Indonesia kalah telak 0-4). Mereka tidak selalu menyerang, tapi sangat efektif dalam mencetak gol.

Kita perlu pendekatan yang sama. Tugas Shin Tae-yong adalah segera memperbaiki sektor depan ini agar target yang telah ditetapkan bisa tercapai, kata Ketum PSSI.

Timnas senior Indonesia akan menghadapi dua laga melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F pada Maret 2024 sebentar lagi.

Setelahnya, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas U-23 Indonesia untuk berlaga di Piala Asia U-23 2024 yang kembali digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei.

Tim Garuda Muda akan bersaing di Grup A bersama Australia, Yordania, dan tuan rumah Qatar.

Kontributor: Imadudin Robani Adam