Coach Justin: Erick Thohir Tulus Angkat Derajat Sepak Bola Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pengamat sepak bola Justinus Laksana atau kerap disapa Pelatih Justin memberikan pujian kepada Ketum PSSI Erick Thohir.

Pendiri podcast Box2Box ini menilai Erick Thohir telah berjasa besar dalam mengangkat profil sepakbola Indonesia.

Saya punya keyakinan, bagaimana pun jiwa Erick Thohir benar-benar ingin mengharumkan nama sepakbola Indonesia, kata Coach Justin dikutip dari kanal YouTube. CNNIndonesia, Rabu (20/9/2023).

Pelatih Justin tak memperdulikan latar belakang pekerjaan Erick yang merupakan sosok yang fokus di dunia politik karena mampu menunjukkan performa apik sebagai Ketum PSSI.

“Kalaupun dia calon presiden, wakil presiden, menteri atau apa pun,” ujarnya.

Selama memimpin PSSI, Erick Thohir cukup sukses membangkitkan sepak bola Indonesia dari era keterpurukan, apalagi pasca tragedi Kanjuruhan pada tahun 2022.

Keberhasilan Erick Thohir yang berani itu adalah mentransformasi kepengurusan PSSI, salah satunya dengan membentuk kembali Badan Tim Nasional atau BTN yang sempat dibubarkan pada era kepemimpinan sebelumnya.

Setelah mengalami transformasi besar-besaran, timnas Indonesia perlahan mulai pulih. Hal itu terbukti dengan rentetan prestasi yang didapat seperti keberhasilan timnas senior U-23 dan U-20 lolos ke Piala Asia.

Bahkan, timnas U-22 Indonesia juga berhasil meraih medali emas pertamanya di SEA Games dalam 32 tahun terakhir.

Performa apik Erick Thohir lainnya terlihat dari keberhasilannya membawa Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Padahal, sebelumnya Indonesia dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun berkat lobi tingkat tinggi yang dilakukan Erick Thohir untuk membujuk Presiden FIFA Gianni Infantino, Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga berhasil membawa juara Piala Dunia 2022 Timnas Argentina bersaing dengan Indonesia di FIFA Match Day.

Bahkan, baru-baru ini mantan Presiden Inter Milan itu juga menerima Penghargaan Presiden FIBA ​​​​2023.