Cegah Keributan Suporter, Panpel Perketat Pemeriksaan di Stadion Kapten I Wayan Dipta – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Local Organizing Committee (LOC) Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, berupaya memperketat screening penonton untuk menghindari gangguan suporter tim tertentu.

Semoga suporter Indonesia semakin dewasa. Agar (keributan) tidak terulang lagi, ke depan kita akan memperketat pemeriksaan, kata Ketua Stadion LOC Kapten I Wayan Dipta I Ketut Suantika di Gianyar, Bali, Selasa (24/1). 10/2023) ).

Ia mengajak para suporter tim tamu khususnya untuk menaati aturan tidak boleh menonton langsung pertandingan tandang dari rumah.

Aturan tersebut tertuang dalam pasal 51 angka 6 Peraturan Liga 1 Indonesia 2023/2024 yang menyatakan bahwa semua pertandingan sepak bola nasional termasuk pertandingan tidak boleh dihadiri oleh suporter klub tamu.

Aturan ini dikeluarkan untuk menghindari kegaduhan mengingat pengalaman kelam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 135 orang, 1 Oktober 2022.

“Kami berharap suporter lebih tertib menaati aturan. Kalau belum sempat berkunjung, jangan datang ke pertandingan apa pun,” ujarnya lagi seperti disiarkan ANTARA.

Sebelumnya, pada laga pekan ke-16 Liga 1 Indonesia saat Bali United menjamu Persebaya Surabaya, Jumat (20/10/2023), terjadi insiden berupa keributan yang dilakukan suporter tim tamu.

Suantika yang kerap disapa Rojak menyebut mereka merupakan suporter tidak bertanggung jawab yang memaksa masuk ke dalam stadion saat pertandingan.

Sejumlah oknum tersebut kemudian merusak pagar luar Stadion Dipta yang panjangnya sekitar 2,5 meter.

Rojak menambahkan, lokasi tersebut berada di luar area stadion sehingga menjadi kewenangan kepolisian.

“Panitia Pelaksana Persebaya sudah menghubungi kami, dan saya dengar mereka juga sudah menghubungi Bonek Bali untuk bertanggung jawab memperbaikinya. Kalau itu terjadi, kita tunggu saja,” ujarnya.

Petugas kemudian bertindak cepat meredam keributan dan menemukan barang bukti berupa senjata tajam seperti bayonet dan beberapa atribut tim kunjungan.

Rojak menambahkan, suporter yang terlibat diduga merupakan suporter ilegal, dalam keadaan mabuk dan ada dua orang yang saat ini diamankan polisi untuk diproses lebih lanjut.

Sedangkan pada laga pekan ke-16 Liga 1 Indonesia, Bali United menang 3-1 melawan Persebaya Surabaya.

Sementara itu, menutup putaran ke-17 kompetisi kasta tertinggi klub sepak bola Tanah Air, Bali United dijadwalkan menjamu Persita Tangerang pada Senin (30/10/2023).