Biodata Ramai Rumakiek: Cetak Golazo, Ini Kisahnya Dimusuhi Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sosok Ramai Rumakiek dipuji para pecinta sepak bola usai menjadi pahlawan kemenangan timnas U-24 Indonesia atas Kyrgyzstan. Ia berhasil mencetak golazo atau gol indah yang membawa Garuda Muda menang 2-0 pada laga Grup F Asian Games 2022, Selasa (19/9/2023) sore.

Pemain Persipura Jayapura itu berhasil mencetak gol pada laga yang berlangsung di Stadion Timur Zheijang Normal University, China. Ia mencetak gol pembuka melalui tendangan jarak jauh setelah mengalahkan beberapa pemain Kirgistan.

Sebelum menjadi pahlawan Timnas U-24 Indonesia, Ramai Rumakiek rupanya sempat bermasalah dengan pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong.

Lantas, bagaimana profil Ramai Rumakiek dan kisah dirinya dibenci Shin Tae-yong?

Banyak profil Rumakiek

Ramai Rumakiek lahir pada 19 April 2022 di Jayapura, Papua. Pemilik nama lengkap Ramai Melvin Rumakiek ini lahir dari keluarga pesepakbola.

Kakaknya yang berusia 3 tahun lebih tua dari Ramai, David Kevin Wato Rumakiek juga merupakan pemain sepak bola yang pernah bermain untuk Persipura Jayapura.

Banyak Rumakiek sendiri yang mengawali kariernya dengan bergabung di tim muda Persipura. Ia tercatat pernah membela tim Black Pearl B-19 selama dua musim.

Selama dua musim bermain di tim muda Persipura, Ramai Rumakiek terus dilatih, hingga akhirnya dipromosikan ke tim utama Mutiara Hitam pada tahun 2020.

Sayangnya kompetisi tersebut terhenti karena pandemi Covid-19. Situasi ini membuat banyak Rumakiek tidak bisa menunjukkan kemampuannya bersama Persipura.

Untungnya, peluang emas kembali datang kepada Ramai Rumakiek di tahun 2021. Saat itu, sosoknya mencuri perhatian di debut kompetitifnya bersama Persipura.

Dalam debut kompetitifnya bersama Persipura, Ramai berhasil mencetak gol pada laga pertama melawan Persita Tangerang di BRI Liga 1 2021-2022. Ia pun terus menjadi andalan Persipura pada laga-laga berikutnya dengan tampil sebanyak lima kali di liga.

Biodata Rumakiek Banyak

Nama lengkap: Banyak Melvin Rumakiek
Nama Panggilan: Banyak Rumakiek
Tempat Lahir : Jayapura
Tanggal Lahir : 19 April 2002
Usia: 19 tahun
Instagram: @/ramairumakiek
agama Kristen
Orangtua : Hans Rumakiek (ayah), Faradiba (ibu)
Saudara: David Rumakiek
kewarganegaraan Indonesia
Tinggi: 165 cm
Klub: Persipura Jayapura
Posisi: pemain sayap/striker

Kisah Musuh oleh Shin Tae-yong

Sebelumnya, banyak yang bermasalah dengan Shin Tae-yong. Pasalnya, ia tak memberikan jawaban usai mendapat panggilan dari Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia di SEA Games 2021.

Kasus tersebut bahkan membuat kaget banyak orang. Bagaimana pun, Ramai Rumakiek menjadi salah satu pemain yang menjadi cadangan pelatih asal Korea Selatan itu di beberapa turnamen.

Shin Tae-yong selalu dipanggil penonton di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, serta mengikuti turnamen Piala AFF 2020.

Namun sejak kasus Shin Tae Yong, banyak Rumakieks yang hilang ditelan bumi karena tak pernah dipanggil lagi.

Kontributor: Shifa Khoerunnisa