Barito Putera Pimpin Klasemen BRI Liga 1, RD Ungkap Rahasia Performa Impresif Timnya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PS Barito Putera tampil cukup mengejutkan di awal musim ini. Tujuh poin berhasil mereka kumpulkan dari tiga laga awal kompetisi Liga 1 BRI 2023/24 dan belum tersentuh kekalahan.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, mengungkapkan performa gemilang timnya di awal musim tak lepas dari peningkatan permainan yang dimainkan.

Ia melakukan improvisasi di sayap sebagai alternatif strategi menyerang pertahanan lawan dan terbukti efektif dalam tiga laga terakhir yang dimainkan Barito Putera.

Pelatih PS Barito Putera Rahmad Darmawan (tengah) memberikan keterangan pers usai pertandingan melawan PSS Sleman, di Conference Room Stadion Demang Lehman, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (14/7/2023). (ANTARA/Tampal Andani Aritonang)

Tak hanya ingin aktif membantu lini ofensif, pelatih berusia 56 tahun itu juga meminta winger tim berjuluk Laskar Antasari itu juga membantu menjaga keseimbangan tim dengan bertahan saat menerima serangan balik dari lawan.

Saat keduanya tampil, ia meminta bek timnya mengisi posisi yang ditinggalkan Murilo Mendes dan Rizky Pora.

Pola permainan tersebut membuat sektor sayap Barito Putera begitu dinamis dalam menyerang dan membantu pertahanan.

“Memang saya ingatkan para pemain untuk saling melengkapi di sayap kanan dan kiri saat Murilo (Mendes) dan Rizky Pora bertahan di sisi. Jadi saya ajak para bek berimprovisasi ke dalam,” jelas pelatih yang biasa disapa RD itu dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru.

“Kalau Rizky Pora dan Murilo ada di tengah, tentu bek berpeluang melakukan overlap ke samping. Alhamdulillah momentumnya bagus ketika lawan menutup dari samping,” imbuhnya.

Rahmad Darmawan mengatakan, improvisasi permainan yang berhasil diterapkan di PS Barito Putera tak lepas dari proses yang terus diasah baik dalam sesi latihan maupun saat bertanding.

“Semua pemain telah bekerja keras. Improvisasi memang dilakukan selama proses latihan dan beberapa pertandingan, terangnya.