Alasan Shin Tae-yong Mau Jadi Penasihat klub Korea Seongnam FC, Persiapan ‘Pensiun’ dari Timnas Indonesia? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Klub Korea Selatan Seongnam FC telah mengumumkan penunjukan resmi Shin Tae-Yong sebagai salah satu anggota komite penasihat klub.

Keputusan ini diambil saat kontrak Shin Tae-Yong bersama Timnas Indonesia akan segera berakhir.

Dalam pengumuman yang disampaikan pada Jumat (27/10/2023), klub Liga 2 Korea Selatan menunjuknya sebagai anggota komite penasihat departemen manajemen pemain.

Shin Tae-Yong, lebih dikenal sebagai STY, akan bergabung dengan tiga anggota komite penasihat lainnya.

Mereka adalah Dr. Shin Dong-Eun bertanggung jawab atas departemen kedokteran olahraga, Profesor Kim Jeong-Man akan fokus pada departemen kerja sama eksternal, dan Oh Sinan akan menangani departemen hubungan masyarakat dan pemasaran.

Usai menerima posisi barunya di Seongnam FC, Shin Tae-Yong mengucapkan terima kasih kepada pihak klub.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan ini berkomitmen berkontribusi dalam perkembangan pemain klub dengan nasihat-nasihat inspiratif.

“Saya selalu memikirkan Seongnam FC sejak saya di Seongnam Ilhwa, dan saya berterima kasih kepada pemilik yang mengizinkan saya membantu tim, klub. Saya akan memberikan saran yang dapat membantu dalam mengelola tim klub,” kata Shin Tae-Yong .

Meski sempat muncul pertanyaan apakah penunjukan Shin Tae-Yong di Seongnam FC terkait dengan berakhirnya kontraknya di Timnas Indonesia, namun dalam keterangannya, pelatih berusia 53 tahun itu tak menjelaskan alasan spesifik mengapa ia menerima tawaran tersebut. . dari klub Korea Selatan.

Namun yang pasti Shin Tae-Yong merupakan salah satu legenda Seongnam FC. Selama berkarir sebagai pemain, ia setia membela klub berjuluk “The Magpies” tersebut pada tahun 1992 hingga 2004. Setelah menjadi pelatih, ia memimpin Seongnam FC pada periode 2008–2012.

Kesuksesan terbesarnya adalah saat membawa Seongnam FC meraih gelar Liga Champions Asia pada tahun 2010. Bahkan setelah kepergiannya, klub tersebut belum kembali ke papan atas Liga Korea Selatan dan saat ini sedang berjuang di divisi dua.

Soal masa depannya di Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong awalnya terikat kontrak hingga 31 Desember 2023. Namun, ia sudah mengumumkan niatnya untuk memperpanjang masa baktinya bersama skuad Garuda.

General Manager PSSI, Erick Thohir, pun memastikan Shin Tae-Yong akan melanjutkan kontraknya hingga Juni 2024. Keputusan itu diambil karena dalam kurun waktu Oktober 2023 hingga Juni 2024, Timnas Indonesia akan mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia dan Piala Asia 2023.