Alasan Lengkap Sanksi AFC yang Buat Komang Teguh dan Titan Agung Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI angkat bicara terkait alasan larangan AFC tetap berlaku terhadap dua pemain yang akhirnya tak tampil memperkuat Timnas U-23 Indonesia, Komang Teguh dan Titan Agung di Piala AFF U-23 2023. Padahal, kedua pemain tersebut telah dibawa oleh Pelatih Shin Tae-yong ke turnamen.

Komang Teguh dan Titan Agung mendapat sanksi dari AFC berupa skorsing enam pertandingan bersama timnas Indonesia dan harus membayar denda sebesar $1.000 menyusul gangguan pada pertandingan timnas U-22 melawan Thailand di final Piala Dunia. SEA Games 2023.

Sanksi itu diputuskan dalam rapat Komite Disiplin (Komdis) dan Etik AFC pada 11 Juli 2023. Namun, PSSI belum mendapat penjelasan dari AFC di mana sanksi itu dijatuhkan.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pemainnya saat menjalani sesi latihan yang berlangsung di Stadion Nonglalok, Rayong, Thailand. (ANTARA/HO/PSSI)

Alhasil, PSSI meminta konfirmasi melalui surat kepada AFC pada 2 Agustus 2023. Namun, AFC baru membalas surat PSSI pada 15 Agustus yang menyatakan Komang dan Titan tidak bisa bermain di Piala AFF U-23.

“AFC melalui surat pada 14 Juli, kami dihukum karena hanya memainkan pertandingan persahabatan dalam kategori usia yang sama dengan SEA Games (berdasarkan technical handbook SEA Games yang berusia 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detailnya. pertandingan persahabatan,” ujar Manajer Timnas U -Indonesia 23 itu Endri Erawan dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

“Setelah itu kami tanya via email pada 2 Agustus apakah AFF itu kategori pertandingan persahabatan atau bukan. Karena berdasarkan kode disiplin AFC ada perbedaan antara pertandingan persahabatan internasional dengan turnamen internasional.”

“AFC membalas melalui surat pada 15 Agustus, isinya AFF termasuk dalam kategori pertandingan persahabatan karena tidak diselenggarakan oleh AFC, dimana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand,” tambah Endri Erawan.

Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia berangkat ke Thailand dengan kekuatan 23 pemain, Senin (14/8/2023). Sebelumnya, mereka menggelar training camp (TC) di Jakarta pada 11-13 Agustus.

Akibatnya, Komang dan Titan harus memulangkan PSSI dari Thailand. PSSI juga telah berkoordinasi dengan pihak klub terkait hal tersebut.

“Dengan ini, PSSI mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari daftar pemain final Piala AFF U-23 2023. Mereka juga akan kami kembalikan ke klub masing-masing,” jelas pria yang juga tergabung dalam PSSI itu. Komite Eksekutif (Exco).