Alasan GBK Tidak Dipakai untuk Tempat Pertandingan Piala Dunia U-17 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Piala Dunia U-17 di Indonesia akan digelar di 4 stadion. Di antaranya Stadion Internasional Jakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Mengapa tidak memilih GBK sebagai tempat pertandingan?

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) merupakan ikon sepak bola Indonesia. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kapasitas 80.000 penonton.

GBK telah menjadi tuan rumah berbagai turnamen sepak bola internasional, antara lain Piala Asia 1962, Asian Games 1962, Piala AFF 2007, dan Piala Asia 2023.

GBK juga menjadi rumah bagi Tim Nasional Indonesia. Stadion ini telah menjadi saksi banyak momen bersejarah dalam sepak bola Indonesia termasuk kemenangan Indonesia atas Malaysia di final Piala AFF 2007.

Namun GBK tidak dipilih sebagai stadion pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Pada 9 Agustus 2023, General Manager PSSI Erick Thohir berdalih JIS sudah diusulkan PSSI sebagai lokasi pertandingan sejak awal.

FIFA sendiri akan membahas usulan kami di 4 wilayah yaitu di JIS (Jakarta International Stadium) Jakarta, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya dan Bandung Si Jalak Harupat, kata Erick Thohir.

Selain itu, Erick Thohir juga menyebut JIS digunakan untuk Piala Dunia U-17 sebagai promosi stadion selain GBK.

“Saya rasa, lebih banyak stadion di DKI Jakarta akan lebih baik. Kita usulkan lebih banyak pertandingan internasional ke depan. Kita sudah (menjadi tuan rumah) AFC U-23 nanti, salah satunya di Solo. Jadi kalau di sekitar DKI Jakarta lebih banyak lapangan, lebih baik “Bagus untuk kedepannya,” kata Erick.

Jadi saya melihatnya bukan karena apa dan kenapa, tapi akses yang ingin kita miliki ke sebanyak-banyaknya bidang di Indonesia, tambahnya.

Sementara penutupan Piala Dunia U-17 akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Erick Thohir mengatakan Manahan bertekad menjadi tuan rumah semifinal dan final sebelum Piala Dunia U-20 di Indonesia dibatalkan.

Slot semifinal dan final Piala Dunia U-17 tetap digelar di sana.

Piala Dunia FIFA U-17 2023 akan segera digelar di Indonesia. Turnamen ini akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 di empat kota tuan rumah yakni Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Surakarta.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA untuk pertama kalinya.

Ini adalah momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia dan kesempatan untuk mempromosikan Indonesia ke dunia internasional.

Piala Dunia FIFA U-17 2023 akan diikuti oleh 24 tim dari berbagai belahan dunia. Tim akan dibagi menjadi enam grup, dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Grup ini terbilang sebagai salah satu grup termudah sehingga Indonesia berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Laga pembuka Piala Dunia U-17 FIFA 2023 akan mempertemukan Panama vs Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 10 November 2023.
Laga ini akan menjadi pembuka turnamen yang sangat dinantikan oleh para pecinta sepak bola di Indonesia dan dunia.