Akhir Sebuah Era, Kisah Dua ‘GOAT’ Messi dan Ronaldo Akhirnya Putuskan Berkarier di Luar Eropa – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ingat kisah dua Pemain Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa (KAMBING), Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang mengakhiri karir mereka di level tertinggi di Eropa.

Dunia sepak bola atau dunia harus menerima bahwa mereka tidak lagi dapat melihat dua pemain terbaik saat ini, Messi dan Ronaldo, berkiprah di liga top Eropa.

Setelah Ronaldo memutuskan hijrah ke Arab Saudi pada Desember 2022, kini giliran Messi yang hengkang dari Eropa dan hijrah ke Amerika Serikat.

Transfer pemain berjuluk La Pulga itu dipastikan setelah Inter Miami mengumumkan kehadirannya di bursa transfer musim panas 2023.

Messi memilih bergabung dengan tim Major League Soccer (MLS) karena kontraknya dengan Paris Saint-Germain telah berakhir.

Bahkan, pemain berusia 35 tahun itu mendapat tawaran dari Arab Saudi untuk bergabung dengan Al Hilal untuk melanjutkan rivalitas abadinya dengan Ronaldo.

Namun, Messi menolak tawaran 1,5 triliun euro (Rp 23 triliun) selama tiga tahun untuk berkarier di Amerika Serikat bersama Inter Miami.

Alasan Messi bergabung dengan Inter Miami karena ingin menghindari sorotan dan bisa menikmati hidupnya di luar lapangan.

Kepindahan Messi ke Amerika Serikat juga menandai berakhirnya perjalanan dua pesepak bola terbaik di kancah Eropa, setelah Ronaldo lebih dulu hijrah ke Arab Saudi.

Persaingan 16 Tahun Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah berlaga di lapangan hijau kompetisi Eropa selama 16 tahun, atau sejak 2007.

Saat itu, Messi dan Ronaldo baru saja mengukir nama di kancah sepak bola Eropa bersama Barcelona dan Manchester United.

Sejak 2007, Messi dan Ronaldo saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, yang dimulai dengan pertarungan pertama antara keduanya pada 23 April 2008 saat Barcelona bertemu Manchester United.

Setelah itu, rivalitas keduanya terus berlanjut apalagi setelah Ronaldo meraih gelar Ballon d’Or 2008 dengan mengalahkan Messi.

Setahun berselang atau pada 2009, giliran Messi yang merebut Ballon d’Or mengungguli Ronaldo setelah Barcelona mengalahkan Manchester United di final Liga Champions.

Di tahun yang sama, Ronaldo memutuskan hijrah ke Real Madrid dan membuat rivalitasnya dengan Messi tidak hanya tercipta di Liga Champions, tapi juga Liga Spanyol atau La Liga.

Persaingan antara Messi dan Ronaldo di Spanyol dan Eropa berlangsung selama sembilan tahun, di mana keduanya saling bertarung memperebutkan gelar top skorer atau gelar Ballon d’Or.

Pada 2018, Ronaldo yang memutuskan hijrah ke Juventus masih bertemu dengan Messi yang masih membela Barcelona di Liga Champions.

Kemudian pada tahun 2021, bursa transfer diguncang dengan kepindahan Ronaldo ke Manchester United, disusul kepindahan Messi ke Paris Saint-Germain.

Di kedua klub, kedua pemain ini sama sekali tidak bertemu. Namun keduanya sama-sama mengukir rekor individu untuk timnya masing-masing.

Kompetisi ini berakhir setelah Ronaldo hijrah ke Arab Saudi pada akhir 2022 untuk bergabung dengan Al Nassr.

Namun, Messi dan Ronaldo masih akan bertemu di lapangan saat PSG melakoni laga uji coba melawan 11 pemain terbaik Arab Saudi pada Januari 2023.

Siapa sangka, pertandingan ini merupakan pertemuan terakhir antara dua KAMBING di lapangan. Apalagi dengan Messi pindah ke Amerika Serikat pada musim panas 2023.

Kini, kompetisi Eropa, khususnya Liga Champions, tidak akan lagi melihat sosok Messi dan Ronaldo pada musim 2023/2024 atau musim depan untuk pertama kalinya sejak 2003 atau dua dekade lalu.

Siapa yang bisa melanjutkan persaingan panas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Eropa saat ini? Apakah itu Kylian Mbappe, Erling Haaland atau Vinicius Junior?

[Felix Indra Jaya]