5 Pemain Timnas Indonesia dengan Karier Tersukses di Luar Negeri – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut daftar pemain timnas Indonesia yang mampu berkarir di luar negeri alias berkarir di luar negeri yang dua di antaranya masih aktif beraksi dan menjadi pilar utama skuat Garuda saat ini.

Sejak dahulu kala, Indonesia memiliki banyak pesepakbola berbakat yang mampu menarik perhatian klub asing hingga ingin merekrutnya.

Tercatat banyak pesepak bola Indonesia yang akhirnya berhasil meniti karir di luar negeri baik Asia maupun Eropa yang menjadi kiblat olahraga ini.

Namun, tidak banyak pemain sepak bola Indonesia yang sukses di luar negeri. Bahkan, sebagian besar dari mereka kesulitan bersaing sehingga memilih kembali ke Indonesia.

Namun, ada juga sejumlah pemain asal Indonesia yang sukses berkarier di klub asing.

Kesuksesan tersebut tidak hanya dilihat dari juara, namun dari jumlah penampilan yang didapat hingga mampu menjadi pilar utama klubnya.

Berikut daftar pesepakbola Indonesia yang meraih kesuksesan selama bekerja di luar negeri:

1. Hadiah Ganda Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto adalah salah satu striker terbaik sepanjang masa Timnas Indonesia. Pamornya sebagai striker membuatnya membela Sampdoria di Italia dan FC Luzern di Swiss.

Setelah kesulitan di Sampdoria, Kurniawan mampu bersinar di FC Luzern, dimana ia mampu tampil sebanyak 26 kali dan mampu mencetak 7 gol sebelum kembali ke Indonesia.

2.Rochy Putriray

Rochi Putiray juga merupakan salah satu striker terbaik Timnas Indonesia. Pamornya sebagai striker pernah membawanya ke Hong Kong membela empat klub berbeda.

Salah satu klub yang dibelanya adalah Kitchee SC. Di klub ini, Rochy mampu menjadi perbincangan berkat 16 gol dari 26 pertandingan yang ia cetak, salah satunya di laga uji coba melawan AC Milan.

3. Bambang Pamungkas

Tak ada yang meragukan kemampuan Bambang Pamungkas sebagai striker. Bahkan sejak masih muda, ia mampu menarik perhatian tim Belanda, EHC Hoensbroek, yang kemudian membawanya.

Tapi Bepe, seperti namanya, gagal beradaptasi di Belanda. Setelah itu ia bermain di Malaysia bersama Selangor FA, dimana legenda Persija Jakarta tersebut mampu mencetak 42 gol dalam 63 pertandingan dan meraih Treble Winner pada tahun 2005.

4.Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia saat ini yang memilih berkarier di luar negeri, tepatnya di Korea Selatan.

Sejak pindah ke Korea Selatan pada 2021, Asnawi membela Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons menjadi andalan dengan total 59 penampilan untuk kedua klub tersebut.

5. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani mengikuti jejak seniornya, Bambang Pamungkas, dengan melanjutkan karir di Malaysia saat bergabung dengan Sabah FC pada 2021.

Hingga tahun 2023, Saddil masih bermain untuk Sabah FC, dimana ia mampu tampil sebanyak 55 kali dengan membukukan 14 gol dan 18 assist.

[Felix Indra Jaya]