5 Pelatih Jerman yang Pernah Berkarier di Indonesia, Ada Eks Pelatih Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Deretan pelatih Jerman yang pernah bekerja di Indonesia, siapa sangka Thomas Doll bukan satu-satunya rekan senegaranya Juergen Klopp yang memiliki sejarah bermain di kompetisi Indonesia.

Persija Jakarta memulai Liga 1 2022 setelah mendatangkan pelatih terkenal asal Argentina, Thomas Doll, yang merupakan mantan pelatih Borussia Dortmund.

Berbeda dengan pelatih klub Liga Indonesia pada umumnya, bersama Persija Jakarta, Thomas Doll juga mengemban tugas sebagai manajer tim.

Fenomena ini jarang terjadi di Indonesia, namun Thomas Doll bukanlah satu-satunya dan orang Jerman pertama yang berkarir sebagai pelatih klub-klub Indonesia.

Lantas siapa saja pelatih asal Jerman yang pernah berkarier sebagai pelatih di Liga Indonesia? Inilah beberapa di antaranya.

1. Timo Scheunemann

Pria keturunan Jerman kelahiran Kediri ini pernah berkarir sebagai pemain bersama Persiba Balikpapan pada tahun 1997 sebelum memulai karir sebagai pelatih pada tahun 2000.

Tahun itu ia mengambil lisensi kepelatihan UEFA A, sebelum tahun 2007 ia diangkat sebagai Direktur Teknik Persikoba Batu.

Timo pernah menukangi Timnas Putri Indonesia pada SEA Games 2009, sebelum menukangi Persema Malang pada 2010 dan pada 2017 kembali ke Persiba sebagai pelatih.

2. Uwe Erkenbrecher