5 Gelandang Termahal Asia, Calon Pemain Timnas Indonesia Nomor Dua di Bawah Wataru Endo – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Thom Haye, akan masuk dalam daftar gelandang termahal di Asia setelah proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WN) selesai.

Saat ini Thom Haye menjadi salah satu pemain yang menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia. Ia dipastikan gagal bermain di Piala Asia 2023 karena belum tuntas prosesnya.

Gelandang yang saat ini berkiprah di kasta tertinggi Liga Belanda bersama Heerenveen berpeluang menjadi gelandang dengan nilai pasar tertinggi di Asia jika resmi menjadi warga negara Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun Transfermarkt, gelandang kelahiran Amsterdam tersebut saat ini memiliki nilai pasar sebesar tiga juta euro. Angka tersebut setara dengan Rp 52,14 miliar.

Dengan nominal sebesar itu, Thom Haye bakal menjadi salah satu gelandang termahal di Asia. Ia masih kalah dari gelandang bertahan termahal di Asia asal Jepang, Wataru Endo.

Gelandang yang kini berkiprah di Liga Inggris bersama Liverpool ini memang mengalami grafik peningkatan nilai pasar. Saat ini kekayaan pemain berusia 30 tahun itu mencapai Rp 225,96 miliar.

Wataru Endo memang menjadi pemain Asia yang populer belakangan ini. Gelandang bertahan utama timnas Jepang ini mulai menanjak sejak bergabung dengan Liverpool pada pertengahan Agustus 2023.

Namun nilai pasar Thom Haye saat ini justru setara dengan gelandang asing milik klub Liga Super Malaysia, Jalil Elias. Pemain berpaspor Suriah itu juga memiliki kekayaan senilai Rp 51,14 miliar.

Jali Elias merupakan pemain kelahiran Argentina. Namun, dia memiliki keturunan Suriah. Pada Desember 2023, ia juga dipanggil Timnas Suriah untuk bermain di Piala Asia 2023.

Setelah ketiga nama tersebut, gelandang Asia termahal lainnya dalam daftar ini adalah Yahia Nader, pemain klub Uni Emirat Arab Al-Ain FC yang memiliki nilai pasar Rp 43,45 miliar.

Belakangan, angka tersebut disusul oleh Aiden O’Neill, gelandang timnas Australia yang saat ini berkarier di kasta tertinggi Liga Belgia bersama Standard Liege. Ia memiliki nilai pasar Rp 20,86 miliar.

Gelandang termahal di Asia:

1. Wataru Endo (Rp 225,96 miliar)

2. Thom Haye (Rp52,14 miliar)

3. Jalil Elias (Rp 52,14 miliar)

4. Yahia Nader (Rp 43,45 miliar)

5. Aiden O’Neill (Rp 20,86 miliar)

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie