4 Pemain Timnas Indonesia di Masa Akhir Kontrak Klub Luar Negeri, Siapa Bakal Pulang Kampung ke Liga 1 Indonesia? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kedepannya, beberapa pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri akan menghadapi akhir kontraknya. Pertanyaannya, apakah mereka akan memilih pulang ke tanah air seperti yang dilakukan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri?

Egy yang awalnya belum punya pengalaman bermain di level profesional saat bergabung dengan Lechia Gdansk pada musim 2018/2019, menjalani perjalanan yang cukup berliku.

Setelah kesulitan mendapatkan menit bermain di Lechia Gdansk, Egy pindah ke FK Senica dan Zlate Moravce sebelum akhirnya bergabung dengan Dewa United.

Witan Sulaeman sebelum pindah ke Eropa, mengasah kemampuannya di PSIM Yogyakarta di Liga 2.

Setelah pindah ke Eropa, pemain berusia 22 tahun itu melanjutkan karirnya di klub seperti Radnik Surdulika, Lechia Gdansk, FK Senica, dan AS Trencin.

Pada Januari 2023, Witan memutuskan kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Persija Jakarta.

Berikut 4 pemain Timnas Indonesia yang kontraknya dengan klub luar negeri sudah habis:

1. Nama Shayne Patty

Shayne Pattynama yang bermain untuk Viking FK akan segera mengakhiri karirnya di Norwegia dengan kontraknya akan berakhir pada akhir tahun 2023.

Finis di posisi keempat klasemen Liga Utama Norwegia 2023, Shayne hanya melewatkan dua kali dari 30 pertandingan yang dimainkan Viking FK.

Dengan status bebas transfernya, Shayne Pattynama diyakini akan terus berkarier di Eropa dengan menerima tawaran menarik dari klub-klub di Belanda.

2. Pratama Arhan

Tokyo Verdy menjalani musim yang luar biasa di Liga J1 2023, memenangkan tiket promosi ke papan atas.

Namun Pratama Arhan yang sebelumnya bermain untuk PSIS Semarang kemungkinan besar tidak akan melanjutkan perjalanannya bersama Tokyo Verdy.

Kontraknya akan berakhir pada 31 Desember 2023, tanpa ada kontrak baru yang ditawarkan.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam telah memasuki musim ketiganya di Korea Selatan dengan penampilan impresif bersama Jeonnam Dragons, membawa klub tersebut finis ketujuh di K2 League 2023.

Kontrak Asnawi bersama Jeonnam Dragons akan habis pada Desember 2023, namun masa depannya masih diragukan. Penilaian dari beberapa pelatih antara lain pujian dan kritik terhadap penampilan Asnawi termasuk kekecewaan atas dua kartu merah yang diterimanya.

4.Rafael Struick

Berbeda dengan ketiga pemain sebelumnya, Rafael Struick terikat kontrak hingga 30 Juni 2024 dengan ADO Den Haag.

Meski usianya masih baru 20 tahun, peluang mendapatkan kontrak baru cukup terbuka apalagi jika ADO Den Haag sukses promosi ke Eredivisie.