4 Liga di ASEAN Punya Wakil di Fase Grup Liga Champions Asia 2023/2024, Indonesia Kapan? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ada empat kompetisi alias liga negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang mempunyai wakil di fase grup Liga Champions Asia 2023/2024. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Liga Indonesia atau Liga 1 kembali harus menerima pernyataan pahit tak ada wakil yang berlaga di Liga Champions Asia 2023/2024.

Kenyataan pahit tersebut diterima Liga Indonesia setelah Bali United mengalami kekalahan memalukan dari wakil Hong Kong, Lee Man FC, dengan skor 1-5 di babak kualifikasi baru-baru ini.

Kekalahan ini sekaligus membuat Indonesia harus menerima sekali lagi tidak memiliki wakil di kompetisi klub terpopuler di Asia tersebut.

Liga Indonesia sendiri bisa dikatakan sudah lama tidak memiliki wakil di fase grup Liga Champions Asia, lebih dari satu dekade lalu.

Klub Indonesia terakhir yang tampil di babak penyisihan grup Liga Champions Asia adalah Arema Indonesia pada tahun 2011.

Fakta tersebut pun menjadi noda hitam bagi sepak bola Indonesia. Pasalnya, liga negara Asia Tenggara lainnya mampu mengirimkan wakilnya ke babak grup Liga Champions Asia musim 2023/2024.

Lantas liga apa saja di negara ASEAN yang berhasil mengirimkan wakilnya ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024? Ini daftarnya.

1. Liga Thailand (Liga Thailand)

Liga Thailand merupakan salah satu liga terbaik di ASEAN. Terbukti dengan hadirnya dua wakil yang diturunkan langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024, yakni Buriram United dan Bangkok United.

Faktanya, Liga Thailand bisa mengirimkan empat wakilnya, jika dua tim lainnya yakni BG Pathum dan Port FC bisa lolos ke babak kualifikasi.

Liga Thailand sendiri dialokasikan empat tim untuk bermain di Liga Champions Asia karena kompetisi tersebut menduduki peringkat keempat Zona Timur dan peringkat 9 Asia.

2. Liga Vietnam (Liga V)

Liga Vietnam juga mempunyai wakil di fase grup Liga Champions Asia 2023/2024, yakni hanya satu wakil di Hanoi FC sebagai juara liga musim lalu.

Liga Vietnam sendiri sebenarnya juga bisa mengirimkan dua wakilnya, yang mana salah satu wakilnya, Hai Phong, harus berlaga di babak kualifikasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya disingkirkan oleh Incheon United asal Korea Selatan.

Vietnam bisa mengirimkan dua wakilnya ke Liga Champions Asia 2023/2024 karena liga tersebut berada di peringkat 6 Zona Timur dan 14 Asia.

3. Liga Filipina

Berbeda dengan Thailand dan Vietnam, Liga Filipina sendiri hanya bisa mengirimkan satu wakilnya ke Liga Champions Asia 2023/2024, yakni Kaya-Iloilo.

Namun Kaya-Iloilo langsung masuk fase grup Liga Champions Asia 2023/2024 karena posisi liganya berada di peringkat 8 Zona Timur dan peringkat 19 Asia.

Lolosnya tim Filipina ke Liga Champions Asia dan posisinya di 20 besar Asia menjadi pukulan telak bagi Liga Indonesia, mengingat Timnas Indonesia lebih unggul dibandingkan Timnas Filipina.

4. Liga Malaysia

Sama seperti Filipina, Liga Malaysia juga hanya mengirimkan satu wakilnya langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions Asia 2023/2024.

Wakil Malaysia pada ajang tersebut adalah Johor Darul Ta’zim (JDT) yang menjadi juara Liga Super Malaysia 2022.

JDT sendiri bukan sembarang tim. Meski berasal dari liga peringkat 20 Asia, tim ini mampu menembus babak 16 besar Liga Champions Asia 2022/2023.

[Felix Indra Jaya]