4 Fakta Menarik Timnas Israel, Tembus Semifinal di Debut Piala Dunia U-20 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Beberapa fakta menarik dihadirkan di balik kisah mengejutkan sekaligus sukses Timnas U-20 Israel yang berhasil mengamankan satu tempat di babak semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Jalan timnas U-20 Israel ke babak semifinal Piala Dunia U-20 Argentina 2023 dipastikan setelah berhasil membuat kejutan dengan membungkam Brasil dengan skor 3-2 di babak perempat final.

Dalam duel yang digelar di Stadion San Juan del Bicentenario, Argentina, Minggu (4/6/2023) WIB itu, tiga gol timnas Israel dicetak oleh Anan Khalaili (60′), H Shibli (93′), dan Dor Turgeman (105 ). Sementara itu, dua gol Brasil dicetak oleh Marcos Leonardo (56′) dan Matheus Nascimento (91′).

Berikut beberapa fakta menarik seputar performa Timnas U-20 Israel di usia lolos ke babak semifinal Piala Dunia U-20 2023:

1. Mengalami Kekalahan

Perjalanan Timnas U-20 Israel di babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 2023 tidak berjalan mulus. Pasalnya, mereka kalah di laga pembuka Grup C.

Kekalahan ini dialami timnas Israel U-20 saat menghadapi Kolombia di laga pertama. Saat itu, Israel kalah tipis dengan skor 1-2. Untungnya, mereka mampu bangkit kembali di pertandingan berikutnya untuk lolos ke fase knockout.

2. Tidak memiliki mesin gol

Perjalanan panjang yang ditempuh timnas U-20 Israel untuk mencapai babak semifinal Piala Dunia U-20 2023 juga didukung oleh para pemain yang bergandengan tangan dalam mencetak gol.

Timnas U-20 Israel tidak hanya memiliki satu pemain yang menjadi mesin gol. Pasalnya, hanya David Turgeman dan Anan Khalily yang mencetak dua gol. Sisanya disumbang oleh Roy Navi, Omer Senior, Hamza Shibli dan gol bunuh diri pemain Senegal Babacar N’Diaye.

3. Sering mencetak gol telat

Langkah panjang yang dilakukan Timnas Israel U-20 di turnamen ini menghadirkan fakta menarik yang selalu mencetak gol-gol penting di masa injury time.

Momen itu datang saat melawan Jepang di babak 16 besar. Gol di menit akhir ini membuat mereka menang 2-1. Hal yang sama terjadi saat mengalahkan Uzbekistan 1-0 dengan gol telat di menit akhir.

4. Debut manis di Piala Dunia U-20

Keberhasilan Timnas U-20 Israel lolos ke babak semifinal Piala Dunia U-20 2023 memang menjadi prestasi yang sangat istimewa. Sebab, ini kali pertama mereka tampil di kejuaraan ini.

Rekor ini merupakan pencapaian unik bagi Timnas Israel U-20. Apalagi, keikutsertaan mereka di Piala Dunia U-20 2023 dibarengi penolakan beberapa Gubernur di Indonesia. Hingga akhirnya FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan ini.

[Muh Faiz Alfarizie]