3 Negara Rival yang Bakal Semringah Andai Timnas Indonesia Absen dari Turnamen AFF – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar kemungkinan timnas Indonesia tidak mengikuti turnamen yang digelar AFF ke depannya semakin santer terdengar. Ini merupakan lanjutan final Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia vs Vietnam.

Beberapa saran disampaikan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi. Katanya, Timnas Indonesia seharusnya tidak mengikuti turnamen AFF jika pemain Timnas U-23 Vietnam, Nguyen Hong Phuc, tidak mendapat hukuman.

Hukuman yang dimaksud adalah terkait sikutan Nguyen Hong Phuc ke bek sayap Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz. Pemain asal Vietnam itu terlihat menyikut kepala Haykal usai berebut bola pada final yang digelar di Thailand akhir pekan lalu.

Terbaru, ada komentar dari Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji yang mengatakan akan mempertimbangkan kembali keikutsertaan Timnas Indonesia di berbagai turnamen AFF.

Jika Timnas Indonesia benar-benar memilih untuk tidak mengikuti Piala AFF dan turnamen AFF lainnya, nampaknya sejumlah negara rival akan menyambutnya dengan gembira.

1 Malaysia

Absennya timnas Indonesia di turnamen AFF akan membuat Malaysia senang dengan situasi ini. Pasalnya, Indonesia menjadi rival bebuyutan Malaysia di AFF.

Hilangnya rival sengit akan semakin memperlancar jalan Malaysia dalam menambah gelar juara AFF.

2. Vietnam

Dalam beberapa tahun terakhir, Vietnam telah menjadi kekuatan utama dalam sepak bola Asia Tenggara. Bahkan, mereka mampu mematahkan dominasi Thailand.

Namun langkah Vietnam juga kerap dihadapi timnas Indonesia, baik di level senior maupun di level usia. Sebelum menjuarai final Piala AFF U-23 2023, Vietnam disingkirkan Timnas U-23 Indonesia di babak semifinal SEA Games 2023.

3. Thailand

Menjadi rival kuat dan bebuyutan Timnas Indonesia sejak lama, Thailand masih menyandang predikat sebagai master sepak bola Asia Tenggara.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kinerja Thailand di kelompok umur tidak terlalu bagus. Ini soal regenerasi yang menjadi pekerjaan rumah bagi mereka.

Absennya Timnas Indonesia di kejuaraan AFF akan memudahkan Thailand untuk kembali mendominasi.

[Aditia Rizki]