3 Keuntungan Liga 1 Pakai VAR Musim Depan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut daftar keuntungan yang akan didapatkan jika Video Assistant Referee (VAR) benar-benar diterapkan di Liga Indonesia musim depan.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Liga 1 2023/2024 akan menggunakan VAR.

Kepastian itu ditandai PSSI sudah menyurati FIFA soal rencananya menggunakan VAR musim depan.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu juga menyatakan, surat tersebut berisi lampiran berupa tahapan awal yang perlu diselesaikan seperti Tim Proyek VAR, Timeline Program, sumber pendanaan, dan penyedia teknologi yang digunakan.

Aksi Erick Thohir bersama PSSI pun disambut baik oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara kompetisi sepak bola andalan Tanah Air.

Rencananya, VAR dijadwalkan akan digunakan pada pertengahan musim Liga Indonesia 2023/2024.

Kehadiran VAR di kompetisi sepak bola Indonesia juga diyakini akan membawa beberapa manfaat bagi iklim sepak bola Indonesia.

Apa keuntungan kehadiran VAR di Liga Indonesia musim depan? Berikut ulasannya:

1. Meminimalkan Mafia Bola atau Match Fixing

Persepakbolaan Indonesia beberapa tahun belakangan ini identik dengan mafia sepakbola, dimana disinyalir banyak pertandingan yang digelar di Tanah Air telah diatur sedemikian rupa.

Dugaan adanya mafia sepakbola di sepakbola Indonesia pun menyeret banyak pihak, terutama wasit, pemain, dan klub.

Dengan hadirnya VAR, keputusan kontroversial yang memunculkan dugaan mafia sepakbola atau Match Fixing pun tidak hadir di kalangan penggemar sepakbola.

2. Membantu Kinerja Wasit

Masalah keputusan wasit juga kerap menghantui sepak bola Indonesia, dengan anggapan banyak wasit Indonesia yang dinilai tidak kompeten.

Hal itu tak lepas dari keputusan kontroversial seperti Offside, bola melewati garis gawang, hingga adu penalti. Bahkan, memaksa PT LIB untuk menggunakan jasa wasit tambahan.

Dengan VAR, kinerja wasit lokal akan lebih baik, dan mencegah wasit membuat berbagai keputusan kontroversial di lapangan.

3. Menaikkan Standar Liga Indonesia

Setelah berkuasa di Asia Tenggara dan menjadi tolak ukur lahirnya Liga Jepang, Liga Indonesia mengalami kemunduran status.

Bahkan, status Liga Indonesia saat ini semakin terpuruk dan kalah pamor dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang jauh lebih modern setelah banyak pembenahan.

Dengan hadirnya VAR, tak dipungkiri lagi status Liga Indonesia akan kembali dinaikkan dan membuat rival utama Tanah Air jauh lebih modern hingga sejajar dengan rival-rival unggulan lainnya.

[Felix Indra Jaya]