3 Hal yang Masih Harus Dievaluasi Timnas Indonesia meski Menang Telak 12-0 Lawan Brunei – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia menutup babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan gemilang mengalahkan tuan rumah Brunei Darussalam dengan skor 6-0 di leg kedua.

Hasil ini membuat agregat akhir menjadi 12-0 untuk keunggulan timnas Indonesia setelah pekan lalu juga menang telak 6-0 di Jakarta pada laga pertama.

Meski melaju ke babak kedua kualifikasi dengan kemenangan meyakinkan, skuad Garuda tetap bisa mengambil pelajaran berharga dari laga melawan Brunei untuk persiapan selanjutnya.

Berikut tiga hal yang masih perlu dievaluasi Timnas Indonesia menyambut putaran kedua yang pastinya akan lebih sulit.

1. Lawan tangguh sudah menunggu, kamu tidak boleh euforia

Yang penting adalah pentingnya tetap rendah hati dan tidak sombong. Meski menang besar, harus diakui Brunei Darussalam hanyalah tim kecil.

Timnas Indonesia perlu sigap menghadapi tantangan selanjutnya di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana mereka akan menghadapi tim kuat seperti Irak dan pasangan ASEAN Vietnam dan Filipina di Grup F.

2. Jangan Mempersiapkan Terlalu Banyak Peluang

Meski unggul 12-0 atas Brunei Darussalam, timnas Indonesia bisa meraih kemenangan lebih besar jika tidak menyia-nyiakan peluang bagus.

Pada laga kedua misalnya, skuad Garuda ‘hanya’ mencetak enam gol dari total 23 percobaan. Pada laga pertama di Indonesia pun, tim besutan Shin Tae-yong beberapa kali gagal memanfaatkan peluang.

3. Tempo permainan menurun di penghujung babak kedua

Catatan minor yang perlu diperbaiki timnas Indonesia antara lain adalah menurunnya konsentrasi di penghujung babak kedua laga kedua melawan Brunei.

Usai mencetak gol demi gol, konsentrasi tim menurun sehingga membuat Brunei bisa melancarkan serangan balik berbahaya.

Di awal babak pertama, Timnas Indonesia terlihat meremehkan lawannya sehingga membuat beberapa peluang langka bisa diciptakan oleh Brunei.

Kontributor: Imadudin Robani Adam