3 Fakta Menarik Jelang Barito Putera vs Borneo FC di BRI Liga 1: Catatan Sengit Derbi Kalimantan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut sederet fakta menarik jelang duel Barito Putera vs Borneo FC pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2023-2024, Sabtu (12/2/2023) pukul 15.00 WIB.

Laga bertajuk Derby Kalimantan itu akan berlangsung di Stadion Demang Lehman, Banjar, Kalimantan Selatan.

Barito Putera dan Borneo FC melihat laga ini dengan modal berbeda. Tuan rumah kesulitan sementara Pesut Etam terus mempertahankan hasil positif.

Barito Putera kalah 1-2 saat menjamu PSS Sleman pada 26 November, sedangkan Borneo FC mengalahkan Persis Solo 1-0 sehari setelahnya.

Dalam persaingan yang semakin ketat di puncak klasemen BRI Liga 1, kedua tim sama-sama memiliki tujuan meraih kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Borneo FC saat ini berada di puncak klasemen dengan 44 poin dari 20 pertandingan, unggul enam poin dari Persib Bandung di peringkat kedua.

Di sisi lain, Barito Putera masih terseok-seok di papan tengah. Mereka saat ini berada di urutan kedelapan klasemen dengan 28 poin dari 20 pertandingan.

Berikut 3 fakta menarik jelang Barito Putera vs Borneo FC

1. Borneo FC 10 Laga Tak Terkalahkan

Gelandang Borneo FC Wiljan Pluim (kiri) tampil pada laga BRI Liga 1 melawan Persis Solo di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (27/11) sore. [dok. Borneo FC]

Borneo FC menatap laga ini dengan penuh percaya diri. Mereka sangat konsisten hingga tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhirnya.

Terakhir kali Borneo FC mengalami kekalahan adalah pada 3 September. Mereka kalah 1-2 saat menjamu Persebaya Surabaya.

Setelah itu, mereka mampu meraih sembilan kemenangan dan satu hasil imbang. Hasil imbang didapat saat menjamu Persib Bandung pada 21 Oktober.

2. Barito Putera Pesakisitan

Skuad Barito Putera saat menjalani sesi latihan rutin.  (ligaindonesiabaru.com)
Skuad Barito Putera saat menjalani sesi latihan rutin. (ligaindonesiabaru.com)

Di sisi lain, Barito Putera merupakan tim yang sakit. Mereka hanya menang dua kali dalam 10 pertandingan terakhir.

Namun catatan kekalahan Barito Putera terbilang minim yakni tiga kali dan lima laga sisanya masih imbang.

Hal inilah yang sedikit banyak membantu Barito Putera dalam posisinya. Meski hanya menang dua kali dalam 10 laga terakhir, mereka masih mampu bertahan di papan tengah, tepatnya di peringkat kedelapan.

3. Catatan rapat yang ketat

Pesepakbola Barito Putera Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (tengah) dan rekan satu timnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada laga BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (14/7/2023).  ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Pesepakbola Barito Putera Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (tengah) dan rekan satu timnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada laga BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.

Faktanya, persaingan derby Kalimantan masih berlangsung sengit meski kedua tim punya ritme berbeda musim ini. Dalam lima pertemuan terakhir, Borneo FC dan Barito Putera memiliki rekor yang relatif berimbang.

Borneo FC mencatatkan dua kemenangan, sedangkan Baito Putera meraih satu kemenangan dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Namun Borneo FC difavoritkan menang karena menang 2-1 pada pertemuan terakhirnya pada 21 Juli 2023.