11 Pemain Abroad yang Bisa Dibawa Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023, Siapa Saja? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membenarkan penambahan pemain untuk mengikuti Piala Asia 2023 dengan diterimanya resmi Justin Hubner, pemain berlabel luar negeri, yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasi.

Keputusan itu diambil usai Justin Hubner dilantik menjadi warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Cawang, pada Rabu (6 Desember 2023).

Langkah selanjutnya setelah resmi menjadi WNI adalah pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor oleh Justin Hubner.

Pemain generasi Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Dengan masuknya Justin Hubner, pemain berusia 20 tahun, timnas Indonesia semakin kokoh jelang Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong setidaknya bisa mengandalkan 11 pemain berlabel luar negeri, termasuk Hubner yang resmi berkewarganegaraan Indonesia.

Hal ini memberikan keuntungan bagi Garuda yang akan berlaga di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang pada Piala Asia 2023 di Qatar (12 Januari hingga 10 Februari 2024).

Piala Asia 2023 akan menjadi ujian pahit bagi tim Merah Putih, namun dengan 11 pemain berlabel luar negeri, termasuk Justin Hubner, Shin Tae-yong bisa menghadapinya dengan lebih percaya diri.

Shin Tae-yong mengandalkan sejumlah pemain berlabel luar negeri, antara lain Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, dan Rafael Struick yang menjadi andalan skuad Garuda.

Jika semua pemainnya fit, Timnas Indonesia diprediksi bisa tampil bagus di Piala Asia 2023, khususnya melawan Irak dan Jepang.

Kabar baik datang dari Marcelino Ferdinand yang rutin berlatih bersama tim, dengan tanda-tanda akan segera kembali.

Ivar Jenner masih fokus pada pemulihannya dan diperkirakan siap menghadapi Piala Asia 2023. FC Utrecht belum memberikan kabar terkini mengenai Jenner, namun sembilan pemain lainnya sudah dipastikan fit.

Pemain Liga 1 Lokal musim 2023/2024 menjadi andalan, ditambah kekuatan 11 pemain berlabel luar negeri berarti Shin Tae-yong bisa membentuk skuad terbaik Piala Asia 2023.

Kekuatan timnas Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya proses naturalisasi dua pemain tersebut.

Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes disetujui untuk proses naturalisasi oleh DPR RI pada Sidang Paripurna, Selasa (5/12/2023).

Kini, mereka menunggu Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Usai mendapat Keppres, kedua pemain keturunan Indonesia-Belanda ini sudah bisa diambil sumpahnya sebagai WNI.

11 Pemain Timnas Indonesia Dilabeli Luar Negeri

1. Asnawi Mangkualam (Naga Jeonnam, Korea Selatan)

2. Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia)

3. Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang)

4. Marcelino Ferdinand (KMSK Deinze, Belgia)

5. Elkan Baggott (Kota Ipswich, Inggris)

6. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)

7. Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim, Malaysia)

8. Shayne Pattynama (klub terakhir Viking FK, Norwegia)

9. Rafael Struick (ADO den Haag, Belanda)

10. Ivar Jenner (FC Utrecht, Belanda)

11. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers, Inggris)

Kontributor: Imadudin Robani Adam