Berita Pertemuan Israel dengan Mediator Sudah Sepaham soal Pembebasan Sandera

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat kata pertemuan itu Israel dengan mediasi Qatar dan Mesir telah menyepakati kesepakatan pembebasan sandera dan gencatan senjata Semenanjung Gaza.

Hal itu diungkapkan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan usai pertemuan keempat negara di Paris, Prancis, Sabtu (24/2).

“Perwakilan Israel, Amerika Serikat, Mesir dan Qatar bertemu di Paris dan mencapai kesepahaman di antara keempat negara mengenai perjanjian penyanderaan untuk gencatan senjata sementara,” kata Jake Sullivan. CNNMinggu (25/2).


Meski demikian, keempat negara tersebut masih menjajaki detail perundingan tersebut. Selain itu, Qatar dan Mesir sebagai mediator juga masih perlu membicarakan permasalahan ini dengan kelompok Hamas.

Masih dalam tahap perundingan untuk menyelesaikan detailnya. Harus ada pembicaraan tidak langsung antara Qatar dan Mesir dengan Hamas karena pada akhirnya harus sepakat untuk melepaskan sandera, jelasnya.

“Ini sedang berlangsung. Kami berharap dalam beberapa hari ke depan, kita bisa mencapai titik di mana ada kesepakatan yang tegas dan final mengenai masalah ini,” lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

Israel melancarkan invasi ke Gaza sejak 7 Oktober. Mereka juga menyatakan perang terhadap Hamas.

Sejak invasi dimulai, Hamas telah menyandera 130 warga Israel. Sementara itu, Negara Zionis menahan ribuan warga Palestina di balik jeruji besi.

Gencatan senjata juga hanya terjadi satu kali yakni berlangsung selama seminggu pada November lalu. Selama masa gencatan senjata, baik Hamas maupun Israel membebaskan ratusan sandera dan tahanan.

Selama invasi, tentara Zionis menyerang seluruh penduduk dan objek sipil seperti rumah sakit dan kamp pengungsi.

Hingga saat ini, lebih dari 29.000 warga Palestina telah tewas dan ratusan ribu rumah hancur akibat serangan Israel.

(pra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);