Usai Akses Jalan, Khofifah Resmikan Jaringan Listrik di Labuhan Merak Situbondo – Berita Jatim

by
Usai Akses Jalan, Khofifah Resmikan Jaringan Listrik di Labuhan Merak Situbondo

Pahami.id – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi meresmikan secara simbolis jaringan listrik di kawasan pemukiman Dusun Labuhan Merak yang terletak di sisi utara Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu. .

Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih sudah puluhan tahun tidak mendapat aliran listrik, karena akses yang masih terbatas di kawasan Taman Nasional Baluran.

“Beberapa bulan lalu, saya bersama Bupati Karna Suswandi meresmikan akses jalan menuju Dusun Labuhan Merak. Saat itu masyarakat terlihat senang dan mereka juga meminta listrik untuk masuk ke desanya,” kata Gubernur Khofifah.

Setelah warga Dusun Labuhan Merak mengutarakan keinginannya, Khofifah merespons dan meminta PLN membuka jaringan listrik hingga pemukiman warga di kawasan Taman Nasional Baluran.

Pembukaan jaringan listrik ke Dusun Labuhan Merak tidak mudah karena memerlukan izin dari pemegang kebijakan yaitu Balai Taman Nasional Baluran. Setelah mendapat izin, PLN kemudian memasang tiang listrik.

“Saya terus konfirmasi ke PLN untuk membuka jaringan. Setelah mendapat lampu hijau dari Taman Nasional Baluran, kami memasang tiang listrik dan menyediakan saluran rumah (SR) dan hari ini diresmikan bersama bupati,” kata Gubernur Khofifah.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku senang melihat kegembiraan warga Dusun Labuhan Merak yang mendapat akses jalan raya dan dilanjutkan dengan penyaluran listrik ke rumah warga.

Selama ini, kata dia, warga di kawasan Taman Nasional Baluran menggunakan listrik atau genset dan lampu Petromax berbahan bakar spiritus untuk penerangan di malam hari.

“Alhamdulillah saya senang warga bisa menikmati listrik sama seperti warga lainnya,” kata Bung Karna menyapa Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Warga Dusun Labuhan Merak, Nurul Yakina (40), mengaku senang dan senang bisa menikmati jaringan listrik, karena selama ini ia hanya menggunakan genset untuk penerangan pada malam hari dan dibatasi hingga pukul 22.00 WIB.

Terima kasih Gubernur Khofifah dan Bupati Karna Suswandi yang telah berupaya menyuplai listrik ke Dusun Labuhan Merak, dan juga membangun akses jalan, ujarnya.

Tercatat sekitar 210 rumah telah teraliri listrik, 10 di antaranya dalam proses. Sedangkan 53 titik terpaksa menggunakan panel listrik tata surya rumah (PLTS SHS) karena lokasinya tidak terjangkau.