TWA Kawah Gunung Ijen Tutup Sementara Mulai Hari Ini 3 Januari, Wisatawan Ngeluh Gegara Sudah OTW – Berita Jatim

by
TWA Kawah Gunung Ijen Tutup Sementara Mulai Hari Ini 3 Januari, Wisatawan Ngeluh Gegara Sudah OTW

Pahami.id – Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen ditutup untuk umum mulai hari ini, Rabu (3/1/2024).

Penutupan kawah gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tertuang dalam Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nomor SE.01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024 tentang Penutupan Gunung Ijen Kawasan TWA Kawah.

Surat edaran yang diterbitkan Selasa (2/1/2024) dan ditandatangani Kepala BBKSDA Jatim Nur Patria Kurniawan menyatakan TWA Kawah Ijen ditutup selamanya.

Berdasarkan surat edaran yang disebar akun officer @kawahijenindonesia tertulis penutupan TWA Kawah Ijen dilakukan dalam rangka evaluasi kegiatan wisata alam sepanjang tahun 2023.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa penutupan sementara tersebut berlaku hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sebagai informasi, berdasarkan data BBKSDA, hingga 1 Januari 2024, jumlah wisatawan yang berkunjung ke TWA Kawah Ijen sebanyak 2.083 orang.

Jumlah tersebut meningkat 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama pada 1 Januari 2023.

Penutupan ini pun membuat wisatawan yang ingin berkunjung merasa kecewa. Bahkan ada yang sudah menyelesaikan perjalanannya dan harus rela kembali.

“Oh, padahal aku sudah pesan tiket mobil PP,” kata aish***

“Buset min, aku sudah sampai Bondowoso, naik sepeda motor dari Malang. Bagaimana kalau mau putar balik jauh, lalu tutup,” kata sulthon***

“Padahal aku mau ke sana besok Sabtu,” kata Merry***

“Padahal saya sudah naik bus dari Solo ke Banyuwangi. Di WA dan perjalanan saya langsung turun dari bus hehe,” komentar Coles***

“Sudah menyebalkan di kereta ini,” komentar vend***

Kontributor: Fisca Tanjung